Soal Cuti Kampanye, Tim Ahok Tuding Aturan KPUD DKI Menyimpang

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ketika ditemui, Jakarta, Minggu (5/3). (Foto: Arah.com/ Helmi Shemi)

Arah -  Anggota Komisi II DPR RI Arteria Dahlan sebagai saksi ahli tim Ahok, menilai bahwa KPU DKI menyimpang dari sumber kewenangan pembentukan aturan dalam SK KPU DKI Jakarta terkait cuti kampanye untuk petahana.

"Saya katakan memang dalam konteks pembentukan peraturan perundang-undangan itu agak menyimpang, dalam hal ini KPU DKI tidak diberikan kewenangan untuk membuat norma baru yang bertentangan juga dengan norma atasan," kata Arteria usai memberi kesaksian di kantor Bawaslu DKI, Sunter, Jakarta Utara, Senin (20/3).

Menurutnya, Jika SK KPU hanya pedoman teknis, seharusnya dapat ditelaah kembali apa yang bertentangan dengan norma dan tidak.

"Dalam hal ini KPU DKI Jakarta tidak punya kewenangan untuk membuat aturan baru, seharusnya KPUD hanya mempertajam aturan tersebut," ucap Arteria.

Baca Juga: Kocak! Begini Ekspresi Ahok Saat Anak yang Digendongnya Menangis
Jika Ahok Dipenjara, Amien Rais : Negara Jadi Tenang Kembali
Anies Silaturahmi ke PBNU, Said Aqil: Kita Ga Bisa Dukung
Ini Pengakuan Warga yang Didatangi FPI Untuk Menolak Djarot

Seperti diketahui, Tim advokasi Ahok-Djarot mengajukan gugatan ke Bawaslu RI untuk membatalkan SK Nomor 49 terkait keputusan yang menyatakan adanya masa kampanye pada putaran kedua yang berlangsung sejak 7 Maret sampai dengan 15 April 2017.

Sementara itu, Bawaslu DKI Jakarta hari ini menggelar Musyawarah penyelesaian sengketa terhadap SK KPU DKI Jakarta Nomor 49/Kpts/KPU-Prov-010/Tahun 2017.

Musyawarah tersebut dihadiri Tim advokat Ahok-Djarot, KPU DKI, dan Tim Advokat dari Anies-Sandi.

Empat orang saksi juga turut hadir, diantaranya Anggota Komisi II DPR RI Arteria Dahlan dan I Gusti Putu Artha (Muhamad Ridwan).

Berita Terkait

Diduga Melanggar, Bawaslu Selidiki Acara 'Ahok Show' Diduga Melanggar, Bawaslu Selidiki Acara 'Ahok Show'
Disebut Bawaslu Suka Tak Lapor Kampanye, Ini Tanggapan Djarot Disebut Bawaslu Suka Tak Lapor Kampanye, Ini Tanggapan Djarot
Curiga, Tim Anies-Sandi Minta KPU DKI Harus Jujur Curiga, Tim Anies-Sandi Minta KPU DKI Harus Jujur

#Jakarta #Pilkada DKI Putaran Kedua #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI #KPUD DKI #Anies-Sandi #Ahok-Djarot

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar