Kenapa Bulan Rajab Masuk Kategori Bulan yang Utama?

Al Quran dalam genggaman tangan. (Foto: instagram.com/muzammilhsb)

Arah - Seperti tak terasa, umat muslim sekitar dua bulan lagi akan memasuki bulan Ramadan, bulan dimana berkah dan rahmat tercurah kepada umat Muslim khususnya.

Namun sebelum memasuki Ramadan, ada dua bulan yang juga menjadi bulan haram yang penuh berkah, yaitu bulan Rajab dan Sya’ban.

Menurut as-Syaukani dalam Nailul Authar, dalam bahasan puasa sunnah, ungkapan Nabi, "Bulan Sya'ban adalah bulan antara Rajab dan Ramadan yang dilupakan kebanyakan orang" itu secara implisit menunjukkan bahwa bulan Rajab juga disunnahkan melakukan puasa di dalamnya.

Baca Juga: Keutamaan Puasa Rajab yang Jarang Orang Tahu
Bagaimana Hukum Menikah di Bulan Ramadan?

Keutamaan berpuasa pada bulan haram juga diriwayatkan dalam hadis sahih imam Muslim. Bahkan  berpuasa di dalam bulan-bulan mulia ini disebut Rasulullah sebagai puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan. Nabi bersabda: “Seutama-utama puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan-bulan al-muharram (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan  Rajab).

Sementara itu Al-Ghazali dalam Ihya’ Ulumid-Din menyebut Kesunnahan puasa menjadi lebih kuat jika dilaksanakan pada hari-hari utama (al-ayyam al-fadhilah).

Hari-hari utama ini dapat ditemukan pada tiap tahun, tiap bulan dan tiap minggu. Terkait siklus bulanan ini Al-Ghazali menyatakan bahwa Rajab terkategori al-asyhur al-fadhilah di samping dzulhijjah, muharram dan sya’ban. Rajab juga terkategori al-asyhur al-hurum di samping dzulqa’dah, dzul hijjah, dan muharram.

Terkait hukum puasa dan ibadah pada Rajab, Imam Al-Nawawi menyatakan, telah jelas dan shahih riwayat bahwa Rasul SAW menyukai puasa dan memperbanyak ibadah di bulan haram, dan Rajab adalah salah satu dari bulan haram, maka selama tak ada pelarangan khusus puasa dan ibadah di bulan Rajab, maka tak ada satu kekuatan untuk melarang puasa Rajab dan ibadah lainnya di bulan Rajab” (Syarh Nawawi ‘ala Shahih Muslim).

Berita Terkait

Empat Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Selama Ramadan Empat Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Selama Ramadan
Ulama dan Ormas Deklarasi Dukung Habib Rizeq Ulama dan Ormas Deklarasi Dukung Habib Rizeq
Akibat Ojek Online, Pejabat Malaysia Sebut Jakarta ‘Terbelakang’ Akibat Ojek Online, Pejabat Malaysia Sebut Jakarta ‘Terbelakang’

#Jakarta #Bulan Ramadan #Ramadan 1437 H

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar