Ini Media Sosial yang Paling Digemari di Indonesia

Komputer Tablet Apple iPad Pro 9,7 Inci (Apple.com)

Arah -  Kementerian Komunikasi dan Informasi menyebutkan penggunaan Internet mayoritas digunakan masyarakat untuk menikmati konten media sosial.

"Pengguna Internet di Indonesia dari data paling banyak menggunakan media sosial," kata Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ismail Cawidu, saat diskusi di Gedung Pertemuan Ilmiah Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (28/4).

Dikutip dari Antara, dalam forum literasi media dalam rangka mendukung revolusi mental untuk mewujudkan masyarakat berintegritas, Ismail mengatakan rata-rata hampir setiap hari penggunaan Internet didominasi penggunaan media sosial, selebihnya konten lain.

Menurut dia, diperlukan literasi untuk memahami karakteristik media sosial sebab media sosial hadir ditengah-tengah ruang publik yang menjadi sumber daya terbatas.

"Perlu diketahui bahwa media sosial tidak ada yang gratis, dan memiliki ciri 'ethenity' yang hukumnya berlaku sama di kehidupan maya bahkan bisa menjadi jebakan. Hindari perbincangan politik dan SARA di medsos," ucapnya.

Selain itu medsos juga punya penyimpanan secara permanen di pemilik perusahaan medsos, meski sudah dihapus di dalam ponsel maupun akun medsos namun gambar tersebut masih tersimpan.

"Jangan salah medsos seperti Facebook, Twitter, Whatsapp, Instagram menyimpan seluruh percakapan dan gambar apapun itu. Salah satu pengguna medsos terbanyak adalah Facebook sekarang ini," ujarnya.

Bahkan, jumlah pengguna Internet melalui ponsel pintar berbasis Android di Indonesia kini sudah mencapai 124 juta pengguna. Sementara untuk keuntungan yang masuk ke kas negara mencapai Rp14 triliun dari beberapa provider selular.

Pemerintah sudah melakukan imbauan agar masyarakat tidak terlalu mengunakan Internet duntuk medsos saja. Tetapi juga untuk konten lain yang sifatnya edukasi dan untuk mencari informasi.

Berita Terkait

Jaringan Facebook Disusupi, Akun dan Password Dicuri Jaringan Facebook Disusupi, Akun dan Password Dicuri
Ini Cara Facebook Kurasi Artikel di Linimasa Ini Cara Facebook Kurasi Artikel di Linimasa
Pengguna Tembus 414 Juta, LinkedIn Bangun Data Center di Asia Pengguna Tembus 414 Juta, LinkedIn Bangun Data Center di Asia

#Akses Internet Wi-fi #Internetan #Jejaring Sosial #Sosial Media

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar