Ramal Quick Count Pilkada DKI, ini Hitungan LSI

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Denny JA Adjie Alfaraby memberikan keterangan soal dukungan untuk Pilkada DKI Jakarta putaran kedua, Selasa (7/3/2017). (foto/arah.com/Ridwan)

Arah -  Pemungutan suara Pilkada DKI 2017 putaran kedua akan berlangsung 19 April 2017. Persaingan untuk tampil sebagai pemenang hasil Pilkada DKI antara dua pasang kandidat yaitu Ahok-Djarot dan Anies-Sandi semakin sengit.

Tak hanya di lapangan kampanye untuk memperebutkan suara, media sosial juga menjadi arena kampanye baik oleh kandidat maupun para tim sukses pendukung mereka.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pun memetakan persaingan kedua kandidat di media sosial ini. Siapakah yang menang di antara para pengguna media sosial tersebut?

Rilis yang diterima arah.com dari pendiri LSI, Denny JA mengungkapkan, Anies-Sandi unggul dari pasangan Ahok-Djarot di pemilih yang mengaku memiliki akun facebook. Dari mereka yang pemain Facebook (total pemain facebook 57.80 %), Anies-Sandi memperoleh dukungan sebesar 47.58 %, sementara Ahok-Djarot memperoleh dukungan 43.93 %.

Dukungan Anies-Sandi justru lebih tinggi di pemih yang tidak menggunakan facebook. Di pemilih yang tidak punya akun facebook, dukungan Anies-Sandi sebesar 50.54 %. Sementara dukungan terhadap Ahok-Djarot sebesar 40.80 %.

Baca Juga: Yakin Bisa Ubah Jakarta, Jaringan Agus-Sylvi Dukung Anies-Sandi
Djarot Sowan ke KH.Salahudin Wahid, Ada Apa?
PAN Minta Presiden Perpanjang KPU-Bawaslu, ini Alasannya

Pasangan Ahok-Djarot justru unggul di pemilih pengguna twitter. Di pemilih yang menggunakan twitter (17.20%), Ahok-Djarot memperoleh dukungan sebesar 53.34 %, sementara pasangan Anies-Sandi memperoleh dukungan sebesar 39.33 %.

Sebaliknya di pemilih yang tidak menggunakan twitter, pasangan Anies-Sandi mengungguli pasangan Ahok-Djarot. Anies-Sandi memperoleh dukungan sebesar 50.94 % dari pemilih yang tak aktif di twitter, sementara Ahok-Djarot memperoleh dukungan sebesar 40.16 %.

Di pemilih yang menggunakan Instagram, Anies-Sandi unggul. Dari para pemain instagram (total pemain instagram 29.30 %), sebesar 49.99 % menyatakan mendukung pasangan Anies-Sandi. Sementara dukungan terhadap pasangan Ahok-Djarot sebesar 40.73 %.

Secara keseluruhan, diantara para pengguna media sosial (facebook,twitter dan instagram), pasangan Anies-Sandi unggul dibanding pasangan Ahok-Djarot. Dari mereka yang mengaku punya media sosial, sebesar 46.20 % menyatakan mendukung pasangan Anies-Sandi. Dan sebesar 43.10 % menyatakan mendukung pasangan Ahok-Djarot.

Keunggulan pasangan Anies-Sandi justru makin besar di pemilih yang tak aktif di media sosial. Dari mereka yang tak aktif di media sosial, sebesar 54.60 % mendukung pasangan Anies-Sandi. Hanya sebesar 37.40 % yang menyatakan mendukung pasangan Ahok-Djarot.

Meski demikian, menurut Denny peta perolehan suara masih bisa berubah. "Sejauh pasangan Anies tak membuat blunder pada bulan terakhir, dan tak ada big bang dari pasangan Ahok, sentimen gubernur baru akan terwujud. Namun segala hal selalu mungkin terjadi bahkan di menit terakhir," katanya.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Survei: Pengguna Mendsos Lebih Memilih Pasangan Ahok-Djarot Survei: Pengguna Mendsos Lebih Memilih Pasangan Ahok-Djarot
Anies Sindir Serangan 'Black Campaign' untuknya Masih 'Cemen' Anies Sindir Serangan 'Black Campaign' untuknya Masih 'Cemen'
Sambangi Kediaman Ahmad Dhani, Ini yang Dilakukan Sandiaga Uno Sambangi Kediaman Ahmad Dhani, Ini yang Dilakukan Sandiaga Uno

#Jakarta #Hasil Pilkada DKI #Pilkada DKI Putaran Kedua #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Quick Count #Anies-Sandi #Ahok-Djarot

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar