Dua Permasalahan Ini Jadi Momok Kesenjangan Indonesia

Ilustrasi permukiman warga miskin. Warga beraktivitas di di permukiman di kawasan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (24/10). Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bogor mencatat, dari 5,4 juta penduduk, sebaanyak 392 ribu jiwa atau 7,2 persen merupakan penduduk sangat miskin. (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya)

Arah -  Mahyudin Wakil Ketua MPR menyoroti adanya dua jenis kesenjangan di Tanah Air yakni ketimpangan perekonomian antara kalangan yang kaya dan miskin, dengan disparitas pembangunan pusat dan daerah.

"Ada orang yang sangat kaya sekali, dan ada orang yang miskin sekali. Selama ada kesenjangan maka selalu ada kecemburuan sosial," katanya, Kamis (23/3).

Selain kesenjangan antara kaya dan miskin, ia juga mengemukakan disparitas pusat-daerah yang bisa memicu fanatisme daerah. Seperti infrastruktur di satu tempat berbeda dengan tempat yang lain.

Ia lantas mengutarakan agar kesenjangan ini segera diatasi. Seperti yang dilansir Antara, lembaga Organisasi Telekomunikasi Internasional (ITU) juga mengatakan peran Teknologi informasi sangat penting.

Baca Juga: Nginap di Hotel Ini dan Rasakan Hidup di Bawah Pendudukan Israel
Duluan Mana Ayam atau Telur? Ini Jawabannya Menurut Alquran

Direktur Biro Pembangunan Telekomunikasi ITU Brahima Sanou mengatakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan alat pembangunan yang dapat  mengurangi kesenjangan ekonomi.

"Saya kira saat ini ada kesenjangan ekonomi dan saya pikir TIK merupakan alat yang dapat digunakan untuk membangun, bayangkan 'e-agricultur', 'e-education', anda dapat gunakan untuk 'e-commerce'," katanya dalam konferensi pers Pertemuan Persiapan Regional ITU Asia- Pasifik di Legian, Bali, Selasa (21/3).

Dengan adanya pemanfaan teknologi, sebenarnya mampu mendorong bangkitnya negara-negara berkembang agar keluar dari jenjag kesenjangan.

Berita Terkait

Indonesia Jadi Tuan Rumah Pameran Logistik Terbesar Asean Indonesia Jadi Tuan Rumah Pameran Logistik Terbesar Asean
Ngadu Nasib ke Rumah Lembang, Pasukan Orange Gagal Temui Ahok Ngadu Nasib ke Rumah Lembang, Pasukan Orange Gagal Temui Ahok
Timses Anies-Sandi Tuding Hasil Survei Tak Bertanggung Jawab Timses Anies-Sandi Tuding Hasil Survei Tak Bertanggung Jawab

#Jakarta #Ekonomi #Ekonomi Indonesia #Kesenjangan #Perkembangan Teknologi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar