Aturan Ojek Online Bermuara di Kemenhub

Ditjen Hubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto beserta jajaran Pemerintah Daerah Jawa Barat berdiskusi soal aturan transportasi online, di Gedung Sate, Bandung, Minggu (26/3/2017). (foto/arah.com/Ratih)

Arah -  Transportasi berbasis aplikasi online mulai diatur kembali melalui revisi Permenhub No 32 tahun 2016. Namun hingga saat ini belum ada kejelasan mengenai kendaraan bermotor roda dua yang digunakan untuk transportasi umum.

Ditjen Hubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto mengatakan kebijakan moda transportasi roda dua diatur oleh pemerintah daerah karena tidak ada undang-undang yang mengatur kendaraan roda dua.

"Roda dua undang-undang belum diatur sehingga hal ini kita serahkan pada pemerintah daerah punya hak membuat peraturan daerah," katanya.

Baca Juga: Djarot Patahkan Tagline 'Coblos Pecinya' Anies-Sandi
Geramnya Sandiaga Uno Dituding akan Terapkan Syariat Islam
Jerat Hukum di Pusaran Cagub-Cawagub DKI Jakarta
Ini Jawaban Telak Anies untuk Sindiran Eva Sundari

Namun, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Ruswandi mengatakan pengaturan untuk moda transportasi roda dua tidak bisa buat karena bertentangan dengan UU 29 tahun 2009 yang menyatakan moda transportasi roda dua tidak boleh digunakan sebagai angkutan umum. 

"Gojek kita nunggu, karena bukan angkutan umum orang, kalau barang boleh, di UU 29 menyatakan melarang (jadi) rujukan belum ada karena itu  bertentangan dengan undang-undang," terangnya.

Ia menegaskan, pihaknya tak bisa membuat aturan terkait moda transportasi roda dua hingga ada ketentuan dari pemerintah pusat.

"Yang ojek sampai ada ketentuan dari pusat baru bisa berjalan, ojek nunggu teknis dari pusat, karena statemen jelas dari undang-undang (melarang)," tandasnya.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Luhut: Hukum RI Belum Siap Atur Transportasi Online Luhut: Hukum RI Belum Siap Atur Transportasi Online
Grab Rilis Layanan Nebeng Mobil GrabShare Grab Rilis Layanan Nebeng Mobil GrabShare
Pengamat: Pemerintah Terlambat Hadapi Perubahan Transportasi Pengamat: Pemerintah Terlambat Hadapi Perubahan Transportasi

#Jakarta #Transportasi online #Ojek Online #Taksi Online #Kemenhub #Pemprov Jabar

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar