Lestarikan Budaya, Sleman Gelar Festival Karawitan

Ilustrasi para pemain gamelan di Rumah Sakit Yogyakarta. (Shutterstock)

Arah -  Festival Karawitan Ibu-Ibu 2017 tingkat Kabupaten Sleman telah digelar selama dua hari Sabtu (25/3) dan Minggu (26/3).

"Dari penyelenggaraan festival karawitan selama dua hari tersebut terlihat bahwa apresiasi warga masyarakat terhadap seni karawitan masih dinilai cukup tinggi, yang dibuktikan bahwa ternyata kontingen dari masing-masing kecamatan se Kabupaten Sleman mampu tampil dengan sangat baik," kata Plt Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Aji Wulantara, Selasa.

Ia mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan upaya untuk menjaga kelestarian seni budaya yang sesuai dengan visi Pemerintah Sleman dalam menciptakan masyarakat yang berbudaya.

Seperti yang dilansir Antara, Kontingen Kecamatan Berbah berhasil menjadi penyaji terbaik pertama dalam Festival Karawitan Ibu-Ibu tersebut.

Baca Juga: Pawai Budaya Meriahkan 'Festival Kesenian Pesisir Utara 2017'
Dedi: Pemimpin Daerah Itu Harus Paham Budaya dan Adat Istiadat

Aji mengatakan, kontingen-kontingen yang menyabet juara mendapatkan penghargaan berupa tropi, piagam dan uang pembinaan secara berturut sejumlah Rp7.500.000, Rp6.000.000, Rp5.500.000, Rp4.000.000, Rp3.500.000 dan Rp3.000.000.

"Selain kejuaraan kelompok juga diambil empat ketrampilan terbaik yang meliputi pengendang terbaik oleh Sinta Dewi Intan, penggender terbaik oleh Ajeng Krisna Riswara Saraswati, pengrebab terbaik oleh Wahyu Krisnawati ketiganya berasal dari Kontingen Kecamatan Berbah, serta sinden terbaik Agnesia Nurdasari dari kontingen Kecamatan Sleman. Keempat penyaji ketrampilan terbaik masing-masing memperoleh tropi, piagam dan uang pembinaan masing-masing sebesar Rp2.500.000," katanya.

Ia juga mengungkapkan agar apresiasi tinggi dari masyarakat dapat memperkuat potensi dan pengembangan seni budaya tradisional.

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Pameran Galeri Prabangkara Tampilkan Karya Terbaik Seniman Jatim Pameran Galeri Prabangkara Tampilkan Karya Terbaik Seniman Jatim
Unik, 'Kentongan' Digunakan Lagi Sebagai Penanda Kerja di Sleman Unik, 'Kentongan' Digunakan Lagi Sebagai Penanda Kerja di Sleman
Kabupaten ini Budidayakan Tanaman Obat Secara Massal Kabupaten ini Budidayakan Tanaman Obat Secara Massal

#Sleman #Konten Musik Tradisional #Seni Budaya #Sleman #Tradisi Budaya

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar