Harta 8 Orang Terkaya Dunia Setara Harta Setengah Penduduk Bumi

bill gates/Foter/Thomas Hawk

Arah -  Delapan orang paling kaya di dunia yang semuanya laki-laki, memiliki harta kekayaan yang sama dengan jumlah harta separuh penduduk miskin di seluruh dunia, kata Oxfam dalam laporannya yang mendesak aksi untuk mengatasi jurang kaya-miskin yang sangat lebar ini, seperti dikutip Reuters.

Laporan lembaga amal itu menunjukkan jurang kaya-miskin yang ternyata jauh lebih lebar dari sebelumnya diperkirakan.

Oxfam menyebut jurang itu yang begitu lebar ini sebagai "telanjang sekali". Oxfam menyebutkan dari data 2016, sembilan orang terkaya di dunia memiliki kekayaaan setara dengan total harta 3,6 miliar penduduk dunia yang merupakan penduduk miskin dunia. Padahal angka taksiran sebelumnya adalah 62 orang terkaya di dunia.

Pada 2010, asset milik 43 orang terkaya di dunia sama dengan jumlah asset 50 persen penduduk miskin dunia.

Ketidakmerataan telah menjadi agenda dalam beberapa tahun belakangan, yang bahkan diseru keras-keras oleh

Keperihatinan mengenai hal ini kembali menjadi perhatian dalam laporan risiko global tahunan WEF pekan lalu.

"Kami melihat banyak kekhawatiran dan jelas kemenangan Trump dan Brexit telah memberikan dorongan baru untuk tahun ini, namun ada kesenjangan untuk alternatif nyata bagi keseharian bisnis," kata Max Lawson, kepala kebijakan Oxfam. "Ada cara menerapkan kapitalisme berbeda yang bisa lebih banyak menguntungkan mayoritas orang."

Baca Juga: Sidang Ahok, Kuasa Hukum Hadirkan Tujuh Saksi Ahli
Ini Cara Nadine Chandrawinata Hindari Pengaruh Narkoba

Oxfam menyerukan penerapan sanksi kepada pengempalangan pajak dan model kapitalisme yang sering secara tidak proporsional telah lebih menguntungkan kaum kaya.

Ketika banyak kaum pekerja kesulitan karena pendapatan yang tidak pernah bertambah, ironisnya kekayaan kaum super kaya naik rata-rata 11 persen setiap tahun sejak 2009.

Kekayaan Bill Gates, orang terkaya di dunia yang menjadi peserta reguler Forum Davos, meningkat 50 persen atau 25 miliar dolar AS sejak meninggalkan Microsoft pada 2006, sekalipun dia juga banyak mengeluarkan sumbangan.

Berita Terkait

4 Konglomerat RI Terdaftar di 500 Orang Terkaya Dunia 2017 4 Konglomerat RI Terdaftar di 500 Orang Terkaya Dunia 2017
Hasil Survei Tidak Netral, Prabowo: Terserah Siapa yang Bayar! Hasil Survei Tidak Netral, Prabowo: Terserah Siapa yang Bayar!
Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK

#Jakarta #Bill Gates #Aset Perbankan #Orang Terkaya di Indonesia #Orang Terkaya Forbes #pria terkaya

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar