Canggih, Teknologi Ini Mampu Gerakkan Tangan Robot dengan Pikiran

Bill Kochevar, menggunakan teknologi Brian Interface dan sistem stimulasi listrik untuk menggerakkan lengan setelah delapan tahun mengalami kelumpuhan. (Cleveland FES Center /Reuters)

Arah - Seorang pria lumpuh di Cleveland, Ohio akhirnya mampu menyantap makanan tanpa bantuan orang lain. Ia memanfaatkan bantuan perangkat komputer canggih yang mampu membaca pikiran (Brain Interface).

perangkat komputer canggih itu mampu membaca gelombang otak dan mengirimkan sinyal untuk menggerakkan otot lengan.

Seperti dikutip dari Reuters, kemampuan yang bisa dirasakan pria tersebut merupakan hasil penelitian terbaru dari BrainGate yang diterbitkan dalam jurnal Lancet. BrainGate sendiri merupakan konsorsium peneliti yang menguji teknologi Brain Interface yang dirancang mampu menggerakkan organ tubuh bagi penderita lumpuh.

[baca_juga]

Teknologi tersebut memungkinkan seseorang yang lumpuh untuk menggerakkan lengan robot atau kursor pada keyboard hanya dengan menggunakan pikiran mereka.

Kentang tumbuk itu akhirnya dapat dinikmati Bill Kochevar dengan usahanya sendiri setelah lebih dari delapan tahun menderita kelumpuhan.

Kochevar sekarang dapat menggerakkan setiap sendi lengan kanannya, hanya dengan berpikir tentang hal itu.

Untuk menyelesaikan tugas-tugas seperti minum melalui sedotan, atau menggaruk wajahnya dengan spons kering. Kochevar juga dibantu oleh dukungan lengan dan perangkat yang dikendalikan dengan pikirannya.

Kochevar mengatakan, dirinya sekarang punya kesempatan untuk melakukan hal-hal sederhana sendiri.

Berita Terkait

Hebat! Mahasiswa Lampung Bikin Teknologi Anti Pecurian Helm Hebat! Mahasiswa Lampung Bikin Teknologi Anti Pecurian Helm
Intel Beli Perusahaan Mobil Tanpa Supir Seharga Rp204,3 Triliun Intel Beli Perusahaan Mobil Tanpa Supir Seharga Rp204,3 Triliun
Good Job! Mahasiswa Malang Bikin Alat Pemantau Kualitas Udara Good Job! Mahasiswa Malang Bikin Alat Pemantau Kualitas Udara

#Jakarta #Teknologi Canggih #Teknologi Kesehatan #Perkembangan Teknologi #teknologi kreatif

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar