Mabes Polri Belum Terima Surat Pemberitahuan Aksi 313

Kepala Divisi Humas Polri, Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Rabu (29/3/2017). (foto/arah.com/Dini)

Arah -  Pihak kepolisian mengaku telah mendapatkan informasi terkait unjuk rasa aksi 313 yang diselenggarakan pada Jumat, 31 Maret 2017 mendatang.

Untuk mengantisipasi, Kepala Divisi Humas Polri, Boy Rafli Amar mengatakan telah melakukan persiapan.

"Kita sudah dapat informasi telah melakukan berbagai persiapan juga, Polri kewajiban melakukan tugas pengaman," ujar Boy saat di temui di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (29/3).

Dirinya juga membenarkan adanya laporan terkait unjuk rasa dan memastikan akan melakukan pengamanan.

"Saat ini tentu tugas-tugas pengamaan Kapolda Metro Jaya dalam hal pengamanan," jelasnya.

Adapun upaya pengamanan yang dilakukan pihaknya yakni dilakukan upaya persuasif dan prefentif, dalam mewujudkan upaya tersebut pihaknya juga sudah melakukan pembicaraan kepada pihak koordinator aksi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Mantan Hakim Turun Tangan di Kasus Ahok
Jadi Saksi Sidang Ahok, Dosen IAIN Ini Tak Izin PBNU dan MUI
Ngebut, Sidang Ahok Hari Ini Selesai Tengah Malam
Ahok Kalah di Persidangan, Timses Beberkan Masalah Ini...

"Pengamanan itu persuasif dan prepentif, korlap sudah diajak bicara, unjuk rasa ini jangan sampe berbuah yang anarki,  adanya provokasi adanya pemanfaatan itu tujuan yang tidak baik, yang penting penyampaian aspriasi dapat tercapai," paparnya.

Terkait persiapan pengamanan, Boy menjelaskan saat ini Mabes Polri sudah melakukan persiapan.

"Adik-adik mahasiswa ada yang sebagian melakukan unjuk rasa, persiapan sudah berjalan saja, Mabes Polri yang membantu sudah dipersiapkan dengan baik, Kapolda Metro Jaya dapat membantu masalah pengamaan nantinya," lanjutnya.

Namun, diakui Boy, pihaknya belum menerima surat pemberitahuan, meski begitu dirinya tidak menampik sudah adanya konfirmasi secara non formal yang telah diterimanya.

"Surat secara formal belum diterima, tapi setelah konfirmasi secara non formal itu sudah kita lakukan kepada mereka yang ingin berunjuk rasa," ungkapnya.

Tidak hanya terkait pemberitahuan aksi, Boy juga mengimbau pihak koordinator aksi untuk menyampaikan pemberitahuan terkait jumlah massa, rute demo, hingga alat peraga yang gunakan dalam memudahkan kepolisian untuk melakukan stategi pengamanan.

"Koordinator untuk segera menyampaikan surat pemberitahuan jumlah peserta yang datang berapa,  unjuk rasa alat peraga dan sebagainya yang akan menentukan jumlah personil yang akan dipersiapkan," tutup Boy.

Seperti diketahui akan ada aksi 313, nantinya akan diawali dengan sholat jumat di Istiqlal sekaligus doa bersama yang kemudian dilanjut berjalan mengitari monas yang kemudian melakukan unjuk rasa di depan Istana Merdeka. (Dini Afrianti)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq? Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq?
Dituding Keliru Oleh Sylviana Murni, Ini Balasan Polri Dituding Keliru Oleh Sylviana Murni, Ini Balasan Polri
Beredar Ajakan Aksi 313, Polri Akui Belum Mengetahui Kegiatannya Beredar Ajakan Aksi 313, Polri Akui Belum Mengetahui Kegiatannya

#Jakarta #Aksi 313 #Mabes Polri #Keamanan Jakarta #Boy Rafli Amar

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar