Tanah Longsor Terjang Ponorogo, 27 Orang Diperkirakan Tertimbun

Bencana alam tanah longsor menerjang Ponorogo, Sabtu (1/4). (Foto: twitter/ @Sutopo_BNPB)

Arah -  Bencana longsor kembali terjadi di daerah pemukiman di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Ponorogo, Jawa Timur, pada pukul 06.00 WIB, Sabtu (1/4). Sejauh ini diperkirakan 27 orang masih tertimbun longsor.

Berdasarkan keterangan humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, longsor menimpa rumah dan masyarakat yang sedang memanen jahe di bagian bawah lereng perbukitan.

Sutopo menjelaskan, longsor dipicu oleh hujan yang terjadi hari sebelumnya, pada Jum'at malam (31/3). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo sebelumnya juga telah memperingatkan warga akan potensi bencana itu.

Baca Juga: Ini Pernyataan Luhut yang Dinilai Tak Beretika
Tak Disangka, Ternyata Ini Janji Prabowo Jika Anies-Sandi Menang

Warga juga sempat meninggalkan lokasi untuk menghindari potensi bencana. Namun, pagi hari ketika cuaca sudah cerah, berdasarkan Kepala Desa Banaran, longsor terjadi dan berlangsung cepat. Akibatnya, sekitar 25-30 rumah tertimbun longsor.

"Terdapat korban yang berhasil lari dari kejadian," kata humas BNPB, Sutopo.

Sutopo juga mengatakan, evakuasi berlangsung cukup sulit. Hal ini karena menurutnya, akses menuju lokasi bencana cukup sulit dan memerlukan alat berat. "Alat berat diperlukan untuk evakuasi korban yang tertimbun longsor. Akses menuju lokasi cukup sulit dilalui karena jalan kecil," ujar Sutopo.

Sejauh ini BNPB bersama TNI, Polri, relawan dan masyarakat setempat masih melakukan evakuasi. (Harry Muthahhari)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Astaga,Tahun 2016  Tercatat 576 Kali Longsor Terjadi di Indonesia Astaga,Tahun 2016 Tercatat 576 Kali Longsor Terjadi di Indonesia
Sulut Nyatakan Status Siaga Bencana Sulut Nyatakan Status Siaga Bencana
Pasca Diterjang Longsor, BNPB Klaim Pangkalan Kembali Stabil Pasca Diterjang Longsor, BNPB Klaim Pangkalan Kembali Stabil

#Jakarta #Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) #Bencana Longsor #Korban Bencana Alam #Bencana Alam #Ponorogo

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar