Al-Khaththat Minta Penangguhan Penahanan, Ini Jawaban Polisi

Suasana Pemeriksaan Sekretaris Jenderal Al-Khaththath di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok. (Foto: Istimewa)

Arah - Kepolisian menanggapi niat gugatan praperadilan yang dilayangkan oleh Sekjen FUI, Muhammad Al-Khaththath atas status tersangka yang disematkan atas tuduhan aksi makar. Saat ini, pentolan aksi 313 itu masih menjadi tahanan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

"Hak juga bagi keluarganya yang ingin mengajukan praperadilan, ada lembaga yang akan menguji, silahkan nanti kita tunggu saja, seandainya tidak terima dan kurang prosedur yang terpenting kepolisian telah melakukannya sesuai profesional dan prosedur yang ada," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono saat ditemui usai melakukan jalan sehat dalam memperingati HUT ke-37 YKB di Jakarta, minggu (2/4).

Tidak hanya praperadilan yang terbuka lebar bagi pihak Al-Khathathat, kepolisian juga membuka kesempatan jika ingin mengajukan penangguhan, namun terkait hal tersebut, Argo mengatakan saat ini belum ada satupun pengajuan penangguhan penanganan untuk Al-Khathathat. "Sampai sekarang belum ada itu, yang terpenting itu adalah hak tersangka ya, hak keluarga tersangka dan dia ingin mengajukan itu," ungkapnya.

Baca Juga: Aher: Dialog Keagamaan Dibuka Tanpa Keresahan
Kemana Dukungan PKB? PDIP Harap-harap Menunggu

"Jika mengajukan penangguhan silahkan nanti penyidik yang akan menilai untuk di kabulkan atau tidak," tambahnya.

Argo melanjutkan, saat penyidik melakukan pemeriksaan terdapat beberapa tersangka yang tidak mau menandatangani surat berita acara, namun dirinya tidak mempermasalahkan hal tersebut "Apabila tidak menandatangai surat berita acara tidak masalah, kita buatkan berita acara tidak mau menandatangani yang terpenting semua prosedur telah kita lakukan," tandasnya.

Seperti diketahui Muhammad Al-Khaththath ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depoksetelah ditangkap pihak kepolisian di sebuah kawasan di Jakarta Selatan, Jumat (31/3/2017) dini hari. Al-Khaththath ditahan bersama 4 orang lainnya dengan sangkaan pemufakatan makar. Adapun 4 orang lainnya adalah Zainudin Arsyad, Irwan, Veddrik Nugraha alias Dikho, dan Mar'ad Fachri (Dini Afrianti Efendi)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Al-Khaththath Ajukan Praperadilan, Polda Metro Tanggapi Santai Al-Khaththath Ajukan Praperadilan, Polda Metro Tanggapi Santai
Isu Makar Kembali Muncul Jelang Aksi Islam, Ini Kata Polda Metro Isu Makar Kembali Muncul Jelang Aksi Islam, Ini Kata Polda Metro
Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu! Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu!

#Jakarta #Al-Khaththath #Polda Metro Jaya #Dugaan Makar

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar