Kemenhub Klaim Terima Persetujuan Pelaku Online dan Konvensional

Sejumlah sopir taksi di Kota Bandung menggelar unjuk rasa di depan Pemkot Bandung, Jawa Barat, menolak keberadaan taksi online. (Foto: Arah.com/ Haryanto)

Arah -  Pemerintah mengklaim sudah melakukan sosialisasi penerapan revisi Peraturan Menteri (Permen) 32 Tahun 2016 kepada kedua pelaku usaha transportasi konvensional dan online.

Dalam hal ini Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengaku sudah mendapat sambutan baik dari kedua pengusaha tersebut. "Tanggapannya bagus" ujarnya singkat kepada wartawan di Gedung DPR Jakarta, Selasa (4/4).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan metode sosialisasi yang dibangun pihaknya bukanlah bertemu secara bersama-sama namun pemerintah menemui satu persatu pihak yang bersangkutan. "Sudah one on one," jelasnya.

Baca Juga: Pemerintah Masih Bingung Tetapkan Tarif Transportasi Online
Ternyata Tarif Ok Trip Anies Lebih Mahal Dari Transjakarta

Disinggung mengenai kesediaan kedua pihak tersebut, Budi mengatakan bahwa mereka telah bersedia. "Mereka (konvensional dan online) mau," tegasnya.

Lebih lanjut ia juga mengumpamakan posisi pemerintah dalam hal ini bagaikan 'mak comblang' diantara kedua pelaku usaha tersebut. "'Ini kayak 'cowok sama cewe saya pacokkin' equilibrium (penentuan harga) mereka yang nentuin saya nggak mau ngatur, terserah mereka,"tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa revisi PM 32/2016 terkait aturan taksi online dan konvesional ini, sudah mengalami pembahasan yang sangat panjang sejak Desember 2016 lalu, bahkan sebelum perevisian dimulai pemerintah sudah melakukan uji coba selam 3 bulan di kota-kota besar, diantaranya Bogor, Makassar dan Surabaya. Berdasarkan hasil uji coba yang dinilai mendapat respon cukup baik, darisanalah pemerintah dalam hal ini Kemenhub melakukan tindakan serius untuk segera merevisi PM 32/2016 tersebut. (Dini Afrianti)

Berita Terkait

Tak Patuhi Revisi PM 32,Menhub Ancam Blokir Aplikasi Taksi Online Tak Patuhi Revisi PM 32,Menhub Ancam Blokir Aplikasi Taksi Online
Dituding Ragu Atur Taksi Online, Menhub: Kami Berhati-hati Dituding Ragu Atur Taksi Online, Menhub: Kami Berhati-hati
Pemerintah Masih Bingung Tetapkan Tarif Transportasi Online Pemerintah Masih Bingung Tetapkan Tarif Transportasi Online

#Jakarta #Kemenhub #Budi Karya Sumadi #Taksi Online #Revisi Permen 32/2016

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar