DPR Putuskan Uber Bayar Pajak, Asuransi dan Pensiun Pengemudi

Seseorang sedang memesan jasa transpotasi melalui layanan Uber. (Shutterstock)

Arah - Polemik transportasi berbasis online ternyata tak hanya terjadi di Indonesia, namun juga melanda sejumlah negara. Di Brasil misalnya, polemik transportasi online akhirnya membuat dewan perwakilan mengesahkan undang-undang terkait legalitas transpotasi berbasis aplikasi online ini.

Majelis tingkat rendah Brasil akhirnya memutuskan memberikan otorisasi kepada pemerintah kota untuk mengatur regulasi, Uber selaku penyedia layanan tranpsortasi berbasis aplikasi online.

Salah satu keputusannya yaitu membuka peluang pemerintah kota untuk menarik pajak, pemberlakukan asuransi dan memberikan dana pensiun bagi pengemudinya.

Seperti dilansir dari Reuters, dalam rapat parlemen yang digelar, mayoritas anggota parlemen menyetujui keputusan pemerintah kota melakukan otorisasi terhadap layanan Uber.

Baca Juga: Kisruh Ojek Online, Menhub Belum Temukan Aturan yang Pas
Pemerintah Masih Bingung Tetapkan Tarif Transportasi Online

Salah seorang pembuat kebijakan, Daniel Coelho  menyatakan peraturan tersebut dapat menggangu pelayanan Uber pada kota-kota yang belum menerapkan peraturan itu.

Sementara itu, menanggapi regulasi yang akan diterapkan tersebut pihak Uber menyatakan, peraturan tersebut sebenarnya justru tidak mengatur transportasi berbasis online, namun ingin menjadikan Uber sebagai operator taksi.

Pihak uber juga menambahkan, pihaknya berharap perdebatan mengenai persoalan teransportasi online tersebut harusnya mewakili suara jutaan orang di Brazil yang memiliki hak pilih.

Meskipun peraturan itu belum memberikan dampak secara jangka pendek, namun undang-undang itu bisa menaikkan biaya pelanggan.

Serikat taksi Brasil dan banyak politisi menuduh Uber melakukan persaingan yang tidak sehat. Hal itu  memicu protes para sopir taksi di beberapa kota dan bahkan terjaid penyerangan terhadap sopir Uber.

Berita Terkait

Go-Jek, Grab dan Uber Tanggapi Soal Revisi Permenhub Go-Jek, Grab dan Uber Tanggapi Soal Revisi Permenhub
Besok, Kemenhub akan Uji KIR Taksi 'Online' di Monas Besok, Kemenhub akan Uji KIR Taksi 'Online' di Monas
Hari Terakhir! UberMOTOR Buka Pendaftaran untuk Pengemudi Hari Terakhir! UberMOTOR Buka Pendaftaran untuk Pengemudi

#Jakarta #Transportasi online #Uber #Grab #GoJek #Polemik GoJek #India

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar