AS Tembakkan Rudal ke Suriah, Putin: Itu Pelanggaran Hukum!

Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan pidato tahunan Tahun Baru kepada rakyat di Moskow, Rusia, Sabtu (31/12). (ANTARA FOTO/Sputnik/Mikhail Klimentyev/Kremlin)

Arah - Presiden Rusia Vladimir Putin dibuat naik pitam oleh aksi Presiden Amerika Serikat Donlad Trump terkait aksi serangan rudal ke Suriah.

Dikutip Reuters, dihadapan sidang Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), Putin menyebut tindakan Donald Trump merupakan sebuah pelanggaran hukum.  "Tindakan Washington sekali lagi bisa dikatakan sebagai agresi dan pelanggaran hukum internasional," kata Putin, Sabtu (8/4).

Ia juga menyampaikan jika seluruh peserta DK PBB menyampaikan duka atas agresi besar Amerika Serikat. Seperti diketahui seluruh negara PBB tengah gencar menyuarakan perperangan terhadap aksi terorisme.

Baca Juga: Manipulasi Pajak, Perusahaan Cargo Ini Korupsi 30% Uang Negara
Konflik SARA, Ketua DKPP: Selesaikan Pakai Etika

"Para peserta pertemuan (DK PBB) menyampaikan keprihatinan mendalam akan konsekuensi negatif yang tak terhindarkan dari tindakan agresif ini pada upaya-upaya bersama untuk memerangi terorisme," tutur Putin.

"Pihak-pihak menyatakan bahwa sangat disesalkan karena hubungan bilateral Rusia-AS rusak akibat serangan terhadap pangkalan udara Suriah," imbuh pemimpin Rusia itu.

Sebelumnya diberitakan, Amerika Serikat menembakkan puluhan rudal jelajah di pangkalan udara Suriah pada hari Jumat (7/4/2017). Serangan ini merupakan balasan atas serangan senjata kimia mematikan diluncurkan pekan ini oleh Suriah. Dikutip Reuters, dua kapal perang AS menembakkan 59 rudal jelajah dari Laut Mediterania timur di pangkalan udara Suriah.

Dalam hal ini, Presiden Donald Trump mengambil tindakan terberat. Karena perang saudara enam tahun Suriah ini akan  meningkatkan risiko konfrontasi dengan Rusia dan Iran, dua pendukung utama militer Assad.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI
Pelantikan Trump dan Obama Dibandingkan, Gedung Putih Meradang Pelantikan Trump dan Obama Dibandingkan, Gedung Putih Meradang
Kebijakan Imigrasi Trump  Bikin WNI Muslim di Amerika Ketakutan Kebijakan Imigrasi Trump Bikin WNI Muslim di Amerika Ketakutan

#Jakarta #Presiden Amerika Serikat Donald Trump #Amerika Serikat #Vladimir Putin #Rusia

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar