Wow! Kredit Macet Perbankan Uni Eropa Capai Rp14.096 Triliun

Rupiah dan dollar

Arah -  Perkara kredit macet tidak hanya terjadi di Indonesia. Kredit macet atau non performing loan (NPL) perbankan di Uni Eropa mencapai lebih dari satu triliun euro atau sekitar 1,06 triliun dolar AS (sekitar Rp 14.096 triliun).

Tingginya jumlah kredit macet telah menjadi agenda utama pada pertemuan informal para menteri ekonomi dan keuangan Uni Eropa di Malta pada Jumat (7/4/2017).

"Meskipun kredit macet tampaknya terkonsentrasi di beberapa negara anggota, resolusi akan bermanfaat bagi Uni Eropa secara keseluruhan," kata Edward Scicluna, Menteri Keuangan Malta, dikutip Antara.

Baca Juga: Djarot Patahkan Tagline 'Coblos Pecinya' Anies-Sandi
Geramnya Sandiaga Uno Dituding akan Terapkan Syariat Islam

Mengingat jumlahnya yang relatif besar, masalah NPL tidak akan bisa diselesaikan sendiri tanpa tindakan yang komprehensif. Sebuah subkelompok telah bekerja menangani masalah ini dan telah ditugaskan untuk menyelesaikan laporannya pada pertemuan berikutnya Juni, di mana strategi akan disepakati dan dilaksanakan.

Wakil Presiden Bank Sentral Eropa (ECB), Vitor Constancio menyatakan bahwa bimbingan kepada bank-bank telah diterbitkan mengenai praktek-praktek terbaik dalam menangani NPL dan menyiapkan target untuk menguranginya. Namun diakui bahwa banyak tindakan lain yang diperlukan untuk menangani masalah ini.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Sylvi Diperiksa Bareskrim, #SuperSylvi Curi Perhatian Netizen Sylvi Diperiksa Bareskrim, #SuperSylvi Curi Perhatian Netizen
KPI Siap Pasang Badan Jamin Perlindungan terhadap Jurnalis KPI Siap Pasang Badan Jamin Perlindungan terhadap Jurnalis
Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya

#Jakarta #kredit macet #perbankan #Uni Eropa #Bank Sentral Uni Eropa

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar