Alhamdulillah.. Kota Kupang Dapat Tambahan Kuota Haji 2017

Masjidil Haram, tempat ibadah utama yang dikunjungi ketika haji dan umroh. (Foter/menj)

Arah - Kota Kupang mendapat tambahan kuota haji untuk musim haji 2017 pascakebijakan penambahan kuota bagi haji Indonesia oleh pihak Kerajaan Arab.

"Pascakebijakan Pemerintah Arab terkait kuota haji Indonesia, Kota Kupang turut mendapat imbasnya," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kupang Ambros Korbafo di Kupang kepada Antara, Senin (10/4).

Untuk musim haji 2017 ini Kota Kupang diberikan kuota sebesar 222 orang, bertambah dari sebelumnya tahun 2016 hanya berjumlah 159 orang.

Baca Juga: Ini Manfaat 'Aplikasi Haji Pintar' Bagi Calon Jamaah Haji
Masih Ada Pungli Calhaj, Menag: Ini Urusan Naik Haji

Meskipun kenaikan tersebut tidak terlalu tinggi, namun diakui Ambros hal itu setidaknya mengurangi daftar tunggu calon haji yang sudah mendaftar sejak 2010 hingga 2013 silam.

Hingga saat ini ada sebanyak 1.826 orang yang masuk dalam daftar tunggu untuk bisa berhaji. Daftar tunggu ini pun masih harus menanti proses sesuai nomor antrean yang dimiliki saat pendaftaran dilakukan secara online.

"Jadi dengan penambahan kuota ini akan bisa membuka peluang percepatan daftar tunggu yang sudah ada," katanya.

Menurut dia untuk provinsi berbasis kepulauan itu pemerintah mengalokasikan 665 kuota haji di musim haji 2017 ini. "Dan Kota Kupang mendapat jatah 222 orang haji. Lebih besar dari kuota di kabupaten lainnya," katanya.

Sementara itu Kepala Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Kupang, H Latief Paokuma, mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan pramanasik untuk 222 jamaah calon haji tersebut. Kegiatan pramanasik ini adalah yang pertama dan satu-satunya dilakukan di Kota Kupang.

Sesuai jadwal Kementerian Agama RI telah menetapkan dua gelombang waktu keberangkatan jamaah calon haji musim haji 2017. Untuk gelombang pertama ditetapkan pada 26 Juli sampai 11 Agustus 2017. Sedangkan untuk gelombang kedua pada 12 Agustus sampai 24 September 2017.

"Kita masih menanti Kota Kupang masuk gelombang keberangkatan berapa. Kita tunggu saja," pungkas Latif.

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Pemerintah Manfaatkan Dana Haji untuk Tiga Hal Ini Pemerintah Manfaatkan Dana Haji untuk Tiga Hal Ini
Presiden Jokowi Resmikan Asrama Haji di Mandailing Natal Presiden Jokowi Resmikan Asrama Haji di Mandailing Natal
Ketua MPR: Hanya dengan Sekolah, Kemiskinan Terputus Ketua MPR: Hanya dengan Sekolah, Kemiskinan Terputus

#Jakarta #Daftar Tunggu Haji #Calon Jamaah Haji #Kuota Haji #Kupang #Nusa Tenggara Timur (NTT)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar