Istana Negara: Jakarta Libur Pada 19 April 2017

Surat suara Pilkada DKI Putaran kedua yang disahkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah DKI Jakarta, Cikarang, Jabar, kamis (23/3). (Foto: Arah.com/ Muhamad Ridwan)

Arah -  Presiden Joko Widodo menetapkan 19 April 2017 sebagai hari libur khusus untuk wilayah DKI Jakarta. Penetapan itu untuk menyukseskan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua.

Seperti dilansir laman www.setneg.go.id, Sabtu (15/4), penetapan itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2017 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Tahun 2017 Putaran Kedua Sebagai Hari Libur di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Di Keppres yang ditandatangani pada 13 April 2017 lalu, Presiden Jokowi ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat DKI Jakarta untuk menggunakan hak pilihnya.

Dan, menurut undang-undang, Pilkada memang harus digelar pada hari libur.

Baca Juga: Libur Panjang, 7 Ribu Wisatawan Kunjungi Kebun Raya Bogor
Ini Kritikan Mensos Khofifah Terhadap Milennial Saat Ini
Berlibur ke Bandung? Warga Diharapkan Waspadai Hal Ini
Ingin Lebih Bahagia? Coba Lakukan Metode Ini

Pasal 84 ayat (3) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, pemungutan suara dilakukan pada hari libur atau hari yang diliburkan.

Pada 19 April 2017 nanti, Provinsi DKI Jakarta akan dilaksanakan Pilkada Putaran Kedua, yang diikuti pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, serta pasangan kandidat nomor urut tiga, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Seperti diketahui, KPU DKI Jakarta telah menetapkan hasil Pilkada DKI pada putaran pertama, pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni memperoleh 17.07 persen suara, Sedangkan Ahok-Djarot memperoleh 42,99 persen suara, dan pasangan Anies-Sandiaga memperoleh 39,95 persen suara.

Hasil tersebut tidak berbeda jauh dengan quick count Pilkada DKI yang dirilis sejumlah lembaga survei. Sehingga pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi yang berhak maju ke Pilkada DKI putaran kedua.

Video trending pilihan redaksi:

Berita Terkait

Ketemu Djarot, Ini Permintaan Khusus Gus Solah Ketemu Djarot, Ini Permintaan Khusus Gus Solah
Panas!!! Djarot-Sandiaga Saling Sindir Soal Kasus Hukum Panas!!! Djarot-Sandiaga Saling Sindir Soal Kasus Hukum
Relawan Media Sosial Punya Peran Penting Memenangkan Anies-Sandi Relawan Media Sosial Punya Peran Penting Memenangkan Anies-Sandi

#Jakarta #Hasil Pilkada DKI #Pilkada DKI Jakarta 2017 #pilkada jakarta #Pilkada DKI #Hasil Quick Count DKI #Hasil Quick Count #presiden joko widodo #presiden jokowi #Joko Widodo #Istana Negara

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar