Terungkap, Komodo Punya Antibiotik untuk Bunuh Bakteri

Beberapa ekor Komodo (Varanus komodoensis) memakan mangsa di Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, NTT, Selasa (24/5). Kawasan Taman Nasional Komodo yang telah dinobatkan menjadi "New Seven Wonders" itu merupakan salah satu dari sepuluh kawasan wisata utama yang dikembangkan pemerintah pada 2016. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Arah -  Komodo selama ini dikenal sebagai predator ganas di muka Bumi. Ya, binatang yang disebut sisa-sisa hewan purba itu punya bakteri yang sangat mematikan.

Tapi, apakah kamu tahu ternyata komodo bisa menyelamatkan nyawa manusia?

Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh Barney Bishop dan Monique van Hoek dari George Mason University di Virginia, Amerika Serikat, menemukan di dalam darah komodo terdapat 48 jenis peptida (penyusun protein) anti bakteri (AMP), seperti dilansir Digital Trend, Minggu (16/4).

Riset yang dipublikasikan di The Journal of Proteome Research bulan Februari 2017 itu menemukan bahwa peptida yang ada di komodo sangat istimewa.

"Peptida yang dimiliki komodo ampuh membunuh bakteri. Itu mengapa komodo bisa tetap sehat dan hidup lama walau di mulutnya ada 50 jenis bakteri yang mematikan," kata Bishop.

Baca Juga: Taman Nasional Komodo Ultah ke-37, Google Bikin Kuis
Erica, Robot yang Paling Mirip dengan Manusia
Google Rilis Aplikasi Pengiriman Makanan

Dalam penelitian itu, Bishop dan Hoek menguji peptida komodo pada tikus. Dari hasil tes itu diketahui tikus yang disuntikkan peptida komodo mampu bertahan hidup dari infeksi. Sedangkan tikus yang tidak diberikan peptida komodo tak mampu bertahan hidup.

Ini menunjukkan peptida komodo bisa menjadi bahan antibiotik baru yang lebih ampuh.

Hoek berharap temuannya ini bisa mendorong penelitian lebih lanjut untuk pengembangan antibiotik baru yang bisa melawan bakteri yang sudah resisten.

"Kami berharap kedepannya akan fokus pada memproduksi peptida untuk pengobatan manusia," tutup Hoek.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Ngadu Nasib ke Rumah Lembang, Pasukan Orange Gagal Temui Ahok Ngadu Nasib ke Rumah Lembang, Pasukan Orange Gagal Temui Ahok
Menag: Waspada Sisi Negatif Zaman Globalisasi Menag: Waspada Sisi Negatif Zaman Globalisasi
Menkopolhukam Lempar Pujian Terhadap Kinerja BNPT Menkopolhukam Lempar Pujian Terhadap Kinerja BNPT

#Jakarta #komodo #kesehatan tubuh #Antibiotik

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar