Ali Mukartono Sebut Video Buni Yani Awal Kegaduhan Kasus Ahok

Dok. Buni Yani menunjukkan surat permohonan Praperadilan di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (5/12). (Foto: Antara/Reno Esnir)

Arah - Ketua Jaksa Penuntut Umum, Ali Mukartono menyatakan video unggahan Buni Yani di media sosial menjadi salah satu bukti fakta persidangan penodaan agama terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Menurutnya, pelapor lebih banyak melaporkan terdakwa atas dasar melihat video yang diunggah Buni Yani.

"Ini fakta hukum, kegaduhan yang dibuat oleh Buni Yani dengan mengunggah video Ahok saat kunjungan Gubernur di Pulau Pramuka," kata Ali usai persidangan di Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (20/4).

Ali menjelaskan, beberapa pertimbangan yang memberatkan Ahok adalah lantaran perbuatan terdakwa menimbulkan keresahan masyarakat dan menimbulkan kesalah pahaman masyakarat antar golongan.

Baca Juga: Benarkah Kapolda Metro akan Bertemu Anies-Sandi, Ini Jawabannya
Pemkot Bandung Ganti Rugi Rumah-Mobil Rusak Akibat Cuaca Ekstrem

Sementara hal yang meringankan adalah terdakwa mengikuti proses hukum dengan baik, sopan selama berada di persidangan  dan ikut andil dalam membangun kota Jakarta. Selain itu, terdakwa juga telah mengaku akan terus berperilaku lebih baik dari sebelumnya.

Timbulnya keresahan masyarakat juga karena adanya video unggahan buni yani," jelasnya.

Sebelumnya diketahui, Jaksa Penuntut Umum dalam pembacaan tuntutan menyatakan Ahok bersalah dan memenuhi unsur Pasal 156 KUHP. Jaksa menuntut hukuman penjara bagi Ahok satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun. (Muhamad Ridwan)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Ahok Dituntut 1 Tahun Penjara, Fadli Zon: Terlalu Kecil Lah Ahok Dituntut 1 Tahun Penjara, Fadli Zon: Terlalu Kecil Lah
Ini Kata Djan Faridz Soal Tuntutan Ahok Ini Kata Djan Faridz Soal Tuntutan Ahok
Sidang Tuntutan Ahok, Jaksa: Jangan Ada Intimidasi Putusan Hakim Sidang Tuntutan Ahok, Jaksa: Jangan Ada Intimidasi Putusan Hakim

#Jakarta #Sidang Ahok #Penistaan Agama #Pengadilan Negeri Jakarta Utara #Jaksa Penuntut Umum (JPU) #buni yani

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar