Edan! Bocah 10 Tahun Bobol Server Instagram

Ilustrasi seseorang menggunakan aplikasi Instagram di ponsel pintar. (Pixabay/YashilG)

Arah - Cerdasnya enggak kepalang. Usia Jani baru seumur jagung, 10 tahun, bahkan "lebih tua" Facebook ketimbang dirinya. Tapi, ia bisa menemukan celah (bug) di server Instagram dan bisa menyusupinya.

Gara-gara ulahnya itu, Jani malah diberi uang tunai 10 ribu dolar AS (setara Rp133 juta) sebagai hadiah bagi siapapun yang mampu membobol atau menemukan celah di infarstruktur digital milik Facebook.

Dan, Jani tahu persis di mana saja celah pada server-server Instagram. Setelah masuk, dia pun bisa menghapus foto dan postingan pengguna Instagram, situs media lokal Finlandia Iltalehti melaporkan.

Bercerita pada Iltalehti, dia sempat menghapus beberapa foto di aplikasi berbagi foto Instagram—yang diakuisisi Facebook senilai US$1 miliar—untuk membuktikannya.

Dia juga bisa menghapus komentar-komentar yang ada di akun Instagram, termasuk akun milik Justin Bieber.

Menurut ayah kandungnya, Jani dan saudara kembarnya memang gemar komputer dan beberapa kali mereka menemukan celah di website-website ternama.

Tapi, baru kali ini, temuannya itu malah dihargai dan diberi hadiah uang tunai," ujarnya, dikutip Mashable.

Di tahun 2015, Facebook telah mengeluarkan dana 936 ribu dolar AS (setara Rp12,4 miliar) untuk 210 penemu celah, jika dirata-rata seseorang bisa mendapatkan hadiah 1.780 dolar AS (setara Rp23,7 juta).

Berita Terkait

Kenapa Instagram Ganti Logo? Ini Alasan Sebenarnya Kenapa Instagram Ganti Logo? Ini Alasan Sebenarnya
Hore! Sekali Posting, Kamu Bisa Unggah 5 Video di Instagram Hore! Sekali Posting, Kamu Bisa Unggah 5 Video di Instagram
Ini Cara Facebook Kurasi Artikel di Linimasa Ini Cara Facebook Kurasi Artikel di Linimasa

#Aplikasi Instagram #Keamanan Instagram Rentan #Video Instagram #Instagram #Aplikasi Mobile #Sosial Media #Media Sosial #Jejaring Sosial #Facebook

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar