Pasukan Pemerintah dan Sekutu Gempur Basis Baru Pemberontak

Seorang pejuang pemberontak berdiri di dekat bangunan-bangunan yang rusak di daerah yang dikuasai pemberontak di kota selatan Deraa, Suriah, Senin (23/4/2017). (Reuters / Alaa Al-Faqir)

Arah - Pasukan Suriah dan pasukan sekutu melawan pemberontak di Suriah barat dekat kota Hama, Minggu (24/4/2017). Pemberontak diketahui membangun basis baru di wilayah tersebut, kata satu sumber militer dan sebuah kelompok pemantau.

Sumber tersebut mengatakan, pasukan pemerintah berhasil merebut kembali kota Halfaya dan desa-desa di dekatnya dan membawa kembali wilayah yang dikuasai pemberontak tahun lalu.

"Kami menguasai Halfaya dan beberapa bukit di daerah tersebut," kata sumber militer Suriah tersebut.

Baca Juga: Badan Pengawas Temukan Zat Sarin di Suriah
Setelah Suriah, Kini Girilan Afghanistan Diserang Bom AS

Serangan diawali itu dimulai dengan serangan udara Rusia dan milisi yang didukung oleh Iran, tentara Suriah mendorong pemberontak di utara Hama dan memperluas kendalinya minggu ini di sepanjang jalan raya barat yang menghubungkan Damaskus dan Aleppo.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah kelompok pemantau perang yang berbasis di Inggris, mengatakan tentara pemerintah mulai maju ke daerah-daerah dekat Halfaya setelah pertempuran sengit dan serangan udara.

Pemberontak mengkonfirmasi bahwa kota tersebut telah jatuh setelah beberapa hari serangan udara tanpa henti oleh jet dari Rusia dan Suriah.

"Jet-jet Rusia telah mengintensifkan pemboman mereka menjelang serangan darat yang diluncurkan rezim tersebut. Hal ini memungkinkan mereka untuk maju," kata Mohamed Rasheed, juru bicara kelompok pemberontak Free Syirian Army (FSA).

Berita Terkait

Bom Bunuh Diri Sasar Evakuasi Pengungsi, 70 Warga Tewas Bom Bunuh Diri Sasar Evakuasi Pengungsi, 70 Warga Tewas
Suriah Tuduh Oposisi Gunakan Senjata Kimia Tewaskan 58 Orang Suriah Tuduh Oposisi Gunakan Senjata Kimia Tewaskan 58 Orang
Operasi Militer di Suriah, 150 Pemberontak Tewas Operasi Militer di Suriah, 150 Pemberontak Tewas

#Jakarta #Militer Suriah #Pengungsi Suriah #Krisis Suriah #Konflik Suriah

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar