Keren! Aplikasi ini Bisa Deteksi Bencana Geologi Sejak Dini

Seismograf Alat Pencatat Gempa. (Foto: mayaraninfo.blogspot.co.id)

Arah -  Tidak ada yang dapat memastikan kapan terjadinya sebuah bencana, hanya Tuhan yang tahu. Namun demikian manusia dengan akal pikirannya dapat berikhtiar untuk memprediksikan kapan terjadinya bencana sehingga korban jiwa dan material dapat dihilangkan atau diminimalkan.

Dalam rangka ikhtiar tersebut, Tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral membuat aplikasi tentang kebencanaan geologi Yang dinamakan Multiplatform Aplication for Geohazard Mitigation and Assesment (Magma Indonesia).

Selain dapat mengirim notifikasi terjadinya bencana, aplikasi itu juga dapat menampilkan beragam data teknis bencana geologi yang terjadi. Termasuk status gunung api di Indonesia, hingga mengunduh peta kawasan rawan bencananya, serta rekomendasi yang diterbitkan PVMBG untuk masing-masing gunung api.

Baca Juga: Ilmuwan ini Temukan Urine Jadi Sumber Energi Listrik
Kelebihan Pasokan, Harga Minyak Dunia Turun
Mimpi Naik Mobil Terbang Hampir Jadi Nyata


"Aplikasi Magma adalah aplikasi multiplatform yang dibuat secara mandiri oleh Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Geologi (PVMBG). Aplikasi ini berisikan Indormasi dan rekomendasi kebencanaan geologi terintegrasi (gunung api, gempa bumi, tsunami dan gerakan tanah) yang disajikan kepada masyarakat secara kuasi-realtime dan interaktif", ujar Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Ego Syahrial.

Aplikasi berbasis open Source terbaru ini dapat diakses masyarakat menggunakan komputer ataupun telepon seluler pintar dengan aplikasi ini diharapkan dapat meminimalisir korban jiwa dan kerusakan yang diakibatkan bencana geologi, lanjut Ego.

Aplikasi MAGMA Indonesia juga telah muncul dalam pemberitaan nasional dan bahkan internasional, seperti Wall Street Journal, yang menyebut bahwa teknologi mitigasi bencana MAGMA Indonesia sudah sangat maju dan membantu banyak pihak untuk mengurangi risiko bencana.

Aplikasi ini juga sudah diperkenalkan di pertemuan City of Volcanoes Conference, sejumlah lembaga dari beragam negara menyatakan tertarik dengan aplikasi itu, bahkan The United States Geological SurveyUSGS meminta agar aplikasi ini digunakan diseluruh dunia.

Berita Terkait

Dalam 3 Hari, 497 Gempa Bumi Guncang Turki Dalam 3 Hari, 497 Gempa Bumi Guncang Turki
Polisi Sebut Habib Rizieq Banyak Menyangkal Selama Pemeriksaan Polisi Sebut Habib Rizieq Banyak Menyangkal Selama Pemeriksaan
Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis? Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis?

#Jakarta #Gempa Bumi #Gunung Berapi #Bencana Alam #Kementerian ESDM

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar