Kementerian BUMN Siap Sekuritisasi Aset Jasa Marga dan PLN

Kantor Kementerian BUMN. (Foto: Istimewa)

Arah -  Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan melakukan sekuritisasi aset mulai tahun ini. Rencananya, ada dua anak perusahaan pelat merah yang akan dilakukan sekuritisasi aset, yaitu PT Jasamarga Tbk dan PT PLN.

"Iya ada dua BUMN yang akan sekuritisasi aset, Jasa Marga dan PLN," kata Pontas Tambunan, Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan, Kementerian BUMN, dalam pertemuan dengan media di Wikasatrian, Bogor, Jawa Barat, Jumat (28/4).

Sekuritisasi aset untuk memudahkan aset yang dimiliki BUMN agar bisa dijual ke pihak swasta. Dan hasil penjualannya bisa digunakan untuk membantu program pembangunan infrastruktur yang baru di daerah lain.

Kebijakan sekuritisasi aset sebelumnya diminta oleh Presiden Joko Widodo. Jokowi mendesak agar BUMN menjual aset seperti jalan tol yang sudah beroperasi. Dan hasil penjualannya bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur lain.

Baca Juga: Gempa 7,3 SR Guncang Filipina, Tak Sebabkan Tsunami di Indonesia
Menarik, Ini Bentuk Penghinaan Tuhan Versi Sujiwo Tejo

Pontas mengungkapkan, aset PT Jasamarga Tbk yang akan dijual berupa ruas jalan tol. Salah satunya adalah jalan tol JORR (Jakarta Outer Ring Road).

"Jasa Marga ada di JORR yang minoritas, mungkin antara Mei ke Juni. Karena ada persiapannya," beber Pontas.

Sedangkan, aset PT PLN yang akan dijual, Pontas mengaku belum mengetahui. Tetapi, ia menjelaskan akan ada penjualan pembangkit listrik kepada pihak swasta.

"Aku dengar sedikit-sedikit ya, sekuritisasi itu akan masuk kalau ada penggarapan yang lebih fix, PLN kan punya partner (swasta) Independent Power Plant (IPP)," kata Pontas. (Harry Muthahhari)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Perang Berlanjut, Sukmawati Ogah Tanggapi Ajakan Mediasi Rizieq Perang Berlanjut, Sukmawati Ogah Tanggapi Ajakan Mediasi Rizieq
Kementerian BUMN-Telkom Siap Menjadi Pelaksana Badan Cyber Kementerian BUMN-Telkom Siap Menjadi Pelaksana Badan Cyber
Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI

#Jakarta #Kementerian BUMN #PT Jasa Marga #Perusahaan Listrik Negara (PLN) #Sekuritisasi Aset

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar