Kementerian BUMN Terapkan Satu Harga Bongkar Muat di Pelabuhan

Petugas pelabuhan sedang melakukan aktivitas bongkar muat peti kemas. (Foto: Antara/ Kornelis Kaha)

Arah -  Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan tengah menyusun program paket satu harga untuk aktivitas bongkar muat pelabuhan. Ini berlaku untuk aktivitas bongkar muat kapal rute internasional di pelabuhan‎ yang dikelola oleh BUMN.

Deputi Bidang Usaha Konstruksi Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN, Pontas Tambunan, menyatakan, penerapan sistem itu disebut Countainer Handling Charger (CHC).

"Kami ingin terapkan, sekarang sedang disusun CHC di pelabuhan yang dikelola BUMN, seperti Pelindo I sampai Pelindo IV," kata Pontas saat berbincang dengan media di Wikasatrian, Bogor, Jumat (28/4).

Baca Juga: Akibat Sindir Telkomsel, Situs Indosat Juga Diserang Hacker?
Jadi DPO KPK, Saksi Kunci Kasus Korupsi e-KTP Alami Stres

Program satu harga tersebut berupaya untuk menurunkan ongkos bongkar muat agar harganya bisa bersaing dengan salah satu Pelabuhan di Singapura.

Selain menurunkan harga, hal itu juga mendorong meningkatkan pendapatan Pelindo, dengan menggunakan sistem service level agreement.

Service level agreement tersebut, merupakan persetujuan pihak bongkar muat dengan kapal. Jika dengan harga murah, maka proses bongkar muat bisa lebih cepat, sehingga kapal yang dilayani bisa lebih banyak. Di situlah potensi peningkatan pendapatan Pelindo.

"Bisnisnya dia itu dipengaruhi kecepatan dan keluar muat kapal. Jangan lupa itu ada tambahan service level agreement. Setiap kapal itu punya batas waktu," jelas Pontas. (Harry Muthahhari)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Sunyi Senyap, Begini Suasana Rumah Patrialis Akbar Sunyi Senyap, Begini Suasana Rumah Patrialis Akbar
Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu! Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu!
Menkopolhukam Lempar Pujian Terhadap Kinerja BNPT Menkopolhukam Lempar Pujian Terhadap Kinerja BNPT

#Jakarta #Kementerian BUMN #Bongkar Muat Peti Kemas #Pelabuhan #Bongkar Muat

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar