Tuntaskan Korupsi EKTP, KPK Periksa Ponakan Setya Novanto

ILUSTRASI - Gedung KPK di Jakarta. (ANTARA)

Arah -  KPK akan memeriksa Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, keponakan Ketua DPR RI Setya Novanto dalam penyidikan tindak pidana korupsi pengadaan paket penerapan Kartu Tanda Penduduk berbasis Nomor Induk Kependudukan secara nasional (KTP-E).

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Andi Agustinus (AA)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Rabu.

Irvanto diketahui juga sebagai wiraswasta atau mantan Direktur PT Murakabi Sejahtera.

Selain memeriksa Irvanto, KPK juga akan memeriksa dua orang saksi lainnya dalam kasus yang sama, yaitu Direktur Utama PT Multisoft Java Technologies Willy Nusantara Najoan dan anggota DPR RI Markus Nari.

"Dua orang saksi itu juga diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Andi Agustinus (AA)," ujar Febri dikutip antara.

Baca Juga: Penyelundupan Tekstil Berhasil Digagalkan Bea Cukai
PKS Tak Yakin Ada Intervensi JK dalam Pencalonan Anies

Sebelumnya, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, keponakan Ketua DPR, Setya Novanto mengaku memimpin konsorsium Murakabi Sejahtera yang merupakan salah satu peserta lelang KTP elektronik.

"Saat KTP elektronika, Murakabi ikut serta menjadi Ketua Konsorsium Murakabi, lead-nya saya sendiri," kata Pambudi, dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, di Jakarta, Kamis (27/4).

Dia bersaksi untuk dua terdakwa, yaitu mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Irman, dan mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan pada direktorat jenderal itu, Sugiharto.

Pambudi dalam sidang pun mengaku sebagai keponakan Novanto. Dalam dakwaan, Novanto disebut sebagai orang yang punya pengaruh besar untuk menentukan anggaran KTP elektronik di DPR diputuskan.

Berita Terkait

Blak-Blakan, Saksi Ungkap Jatah Setnov 7 Persen dari Proyek EKTP Blak-Blakan, Saksi Ungkap Jatah Setnov 7 Persen dari Proyek EKTP
Belum Kembalikan Uang Korupsi Proyek E-KTP,Saksi: KPK Belum Minta Belum Kembalikan Uang Korupsi Proyek E-KTP,Saksi: KPK Belum Minta
Novel Disiram Air Keras, KPK Tambah Pengamanan Penyidik E-KTP Novel Disiram Air Keras, KPK Tambah Pengamanan Penyidik E-KTP

#Jakarta #Setya Novanto #korupsi ektp #Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar