Kasus Ahok, KY: Ini Peradilan Tidak Lepas Dari Partisipasi Publik

Ketua Komisi Yudisial Aidul Fitriciada Azhari di kantor Komisi Yudisial, Jalan Kramat Raya 57, Jakarta Pusat, Kamis (4/5/2017). (Foto/Arah.com/Muhamad Ridwan)

Arah -  Jelang vonis putusan sidang penodaan agama yang melibatkan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), banyak golongan masyarakat yang menuntut agar dapat dijatuhkan hukuman seadil-adilnya.

Ketua Komisi Yudisial Aidul Fitriciada Azhari mengatakan, masyarakat muslim yang menuntut Ahok untuk dijatuhkan hukuman yang adil, hal tersebut bukan bentuk intervensi hukum melainkan partisipasi publik untuk dapat menegakan hukum seadil-adilnya.

"Kami melihat ini partisipasi publik saja, jangan melihat hukum adalah sesuatu yang kedap masyarakat," kata Aidul Fitriciada di kantor Komisi Yudisial, Jalan Kramat Raya 57, Jakarta Pusat, Kamis (4/5/2017).

Baca Juga: Soal Tim Transisi, Sindiran Ahok untuk Anies Bikin Mak Jleb!
Lagi-lagi Ahok Kena Kritik Anies, Kali Ini Soal...
Usai Kisruh, Ahok Wacanakan Bangun RS Sumber Waras Tanpa APBD

Aidul menjelaskan, selain fakta hukum di persidangan, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara harus mempertimbangkan aspirasi masyarakat dalam memvonis putusan sidang terhadap terdakwa Ahok.

Menurutnya, hakim dalam hal ini tidak bisa diintervensi oleh lembaga manapun, tetapi aspirasi masyarakat dalam menegakan hukum tidak tertutup.

"Era keterbukaan ini proses seradilan tidak bisa lepas dari partisipasi publik. Hakim harus punya integritas," ucapnya.

Lebih lanjut, Aidul berharap masyarakat dapat menerima apapun keputusan untuk kasus penodaan agama oleh terdakwa Ahok yang akan digelar oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 9 Mei 2017 mendatang. (Muhamad Ridwan)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Saksi Ahli Sebutkan Lima Ilmu untuk Tafsir Alquran Saksi Ahli Sebutkan Lima Ilmu untuk Tafsir Alquran
KY Sebut Patrialis Akbar Coreng Profesi Hakim KY Sebut Patrialis Akbar Coreng Profesi Hakim
Ditanya Soal Aksi GNPF 505, Begini Reaksi Ahok Ditanya Soal Aksi GNPF 505, Begini Reaksi Ahok

#Jakarta #Komisi Yudisial (KY) #Penistaan Agama #Ahok Gubernur Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar