Pemprov DKI Targetkan 2017 UN Serentak Berbasis Komputer

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berfoto bersama dengan siswa SMPN 41 saat meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMPN 41, Jakarta, Senin (9/5). Seluruh SMP atau yang sederajat di Indonesia menyelenggarakan Ujian Nasional mulai tanggal 9 - 12 Mei 2016. (Foto: Antara/Reno Esnir)

Arah - Pemerintah provinsi (pemprov) DKI Jakarta menargetkan, pada 2017 mendatang seluruh pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Jakarta akan serentak menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). 

"Tahun ini kan memang yang sudah berjalan (UNBK), belum semua. Tapi tahun 2017 target kami seluruh Jakarta ujian sudah berbasis komputer, bukan cetak lagi," kata Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama di MTs 3, Pondok Pinang Jakarta, Senin (9/5/2016).

Salah satu solusi untuk UNBK yang kini digunakan pemerintah adalah dengan sistem rotasi antar tingkat sekolah.

"Misal ujian SMP punya komputer, SMA nggak punya, tahun depan bukan komputernya dipindahkan ke SMA. Jangan, kalau copot-copot pusing. Anak SMA yang ujian pindah ke SMP-nya. Jadi kalau SMP ada sekolah, dia masuk ke SMA. Semacam rotasi, toh semua sekolah kita," jelas Ahok.

Sementara itu, keuntungan dari sistem UNBK ini seperti dikatakan Ketua Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Sopan Adrianto, adalah peningkatan efisiensi dari UN tersebut.

"Karena ini memudahkan kami, efisiensi juga terjaga, pengerahan massa juga semakin berkurang dan kebocoran juga terminimalisasi," kata Sopan.

Lebih lanjut, Sopan mengatakan penilaian UN akan lebih kepada perubahan sikap dan perilaku pelajar. 

"Seperti Pak Gubernur sampaikan, kita kecenderungannya lebih kepada perubahan perilaku. Jadi proses pendidikan itu output-nya perubahan perilaku. Karena itu salah satu komponen yang dinilai dewan guru yaitu penilaian perilaku," tegas Sopan.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mulai 2016 dilaksanakan pada 2016 ini. Dari data yang dikeluarkan Dinas Pendidikan DKI Jakarta, dari total 1.531 sekolah tingkat SMP, hanya 109 diantaranya yang baru menggunakan sistem UNBK. Pembagiannya adalah 38 SMP Negeri, 65 SMP Swasta, 4 Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri dan 2 MTs Swasta. (Helmi Shemi)

Berita Terkait

Ahok: Percuma Pintar Tapi Perilakunya Tidak Terpuji Ahok: Percuma Pintar Tapi Perilakunya Tidak Terpuji
Tinjau Pelaksanaan UN, Ini Pesan Ahok untuk Para Siswa Tinjau Pelaksanaan UN, Ini Pesan Ahok untuk Para Siswa
Pantau UN, Ahok: Kalau Takut Tuhan Nggak Mungkin Nyontek Pantau UN, Ahok: Kalau Takut Tuhan Nggak Mungkin Nyontek

#Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) #Ujian Nasional (UN) SMP #Ujian Nasional #Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar