Amerika dan Rusia Sepakat Terapkan Perjanjian Udara Suriah

Pria membawa bayi melalui puing-puing bangunan yang hancur setelah serangan udara yang dilaporkan pada lingkungan Salihin yang dikuasai pemberontak dari Aleppo, Suriah, pada 11 September 2016. (Ameer Alhalbi, Agence France-Presse / Courtesy of World Press Photo Foundation / Handout via Reuters)

Arah - Pemimpin militer Rusia dan Amerika Serikat, Sabtu, sepakat melanjutkan penerapan secara penuh nota bersama soal aturan menghindarkan insiden di wilayah udara Suriah, menurut Kementerian Pertahanan Rusia seperti dikutip kantor berita Rusia.

Jenderal Valery Gerasimov dari Rusia dan Jenderal Joseph Dunford dari AS berbicara melalui sambungan telepon dan membahas zona penurunan ketegangan di Suriah. Mereka sepakat untuk terus mengupayakan langkah-langkah tambahan guna menghindarkan bentrokan di Suriah.

Nota keselamatan pesawat ditandatangani pada Oktober 2015 setelah Rusia mulai mengebomi target-target di Suriah dalam mendukung pasukan pemerintah Suriah memerangi ISIS dan kelompok-kelompok bersenjata lainnya.

Baca Juga: Sadis, ISIS Bunuh Warga dan Gantung Mayatnya di Tiang Listrik
AS Tembakkan Rudal ke Suriah, Putin: Itu Pelanggaran Hukum!
PBB Lakukan Perundingan dengan Delegasi Oposisi Suriah

Di Washington, juru bicara Pentagon mengatakan dalam pernyataan bahwa Dunford dan Gerasimov "berbicara soal perjanjian Astana baru-baru ini dan menyatakan komitmen mereka untuk menghindarkan konflik dalam menjalankan operasi di Suriah. Keduanya juga setuju untuk terus menjalin kontak secara berkala." Sebuah perjanjian telah dicapai pada perundingan perdamaian di Astana, Kazakhstan, yang didukung oleh Rusia, Iran dan Turki. seperti dikutip dari Reuters

Perjanjian tersebut memuat desakan agar "zona deeskalasi" di daerah-daerah utama konflik antara pasukan pemerintah dan kelompok pemberontak Suriah dibentuk.

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Suriah Diserang AS, KBRI Damaskus Tetap Beroperasi Lindungi WNI Suriah Diserang AS, KBRI Damaskus Tetap Beroperasi Lindungi WNI
Serangan Udara Suriah Tewaskan 8 Pasukan Helm Putih Serangan Udara Suriah Tewaskan 8 Pasukan Helm Putih
Jumlah Korban Tewas Akibat Bom Bunuh Diri Jadi 74 Orang Jumlah Korban Tewas Akibat Bom Bunuh Diri Jadi 74 Orang

#Jakarta #Krisis Suriah #Konflik Suriah #Militer Rusia #Militer Amerika Serikat #Nota Kesepakatan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar