Pembubaran HTI, Wiranto Pastikan Sesuai Hukum yang Berlaku

Menko Polhukam, Wiranto bersama Mendagri, Tjahjo Kumolo, Menkum HAM, Yasonna Laoly serta Kapolri, Jenderal Tito Karnavian, Senin (8/5). (Foto: Arah.com/ Dini Afrianti)

Arah - Menteri Koordinator bidang Politik dan Hukum Keamanan menegaskan, upaya pemerintah membubarkan organisasi ormas (ormas) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) akan dilakukan segera melalui upaya jalur hukum.

"Lewat pengadilan hukum, akan ada proses pengajuan kepada satu lembaga peradilan," papar Wiranto di Gedung Kemenko Polhukam, Jalan Merdeka Barat, Gambir Jakarta Pusat, Senin (8/5/2017).

Selanjutnya, Wiranto juga memastikan bahwa upaya pemerintah dalam pembubaran HTI tetap sesuai dengan dasar hukum dan sistem peradilan yang berlaku pada umumnya.

Baca Juga: Warga Emosi Saksikan Rekonstruksi Pembunuhan Satu Keluarga
Pemerintah Bubarkan HTI, Wiranto: Bukan Berarti Anti Ormas Islam!

"Tetapi Kita tetap bertumpu pada hukum yang berlaku di Indonesia," tandasnya.

Sebelumnya, pemerintah membubarkan HTI karena sejumlah alasan. Diantaranya adalah HTI tidak berkontribusi terhadap pembangunan nasional.

Selanjutnya kegiatan yang dijalankan HTI diindikasi bertentangan dengan Pancasila dan UU keormasan dan aktivitas yang dilakukan menimbulkan benturan serta mengacam masyarakat hingga membahayakan NKRI.

Selain Menko Polhukam, dalam konferensi pers tersebut juga hadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laolydan Kapolri Jendral Tito Karnavian(Dini Afrianti)

Berita Terkait

Ormas Islam Dicap Radikal, Ini Pembelaan Din Syamsudin Ormas Islam Dicap Radikal, Ini Pembelaan Din Syamsudin
Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu! Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu!
Banser Siap Hadapi Ormas Anti-Pancasila Banser Siap Hadapi Ormas Anti-Pancasila

#Jakarta #Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) #Ormas Bermasalah #Demo Ormas Islam #Ormas Islam

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar