Begini Cara Obati Asam Urat Secara Alami

Ilustrasi terkena penyakit asam urat (shutterstock).

Arah -  Asam urat adalah bentuk radang sendi yang biasanya mengakibatkan rasa sakit pada jempol kaki tapi juga bisa mempengaruhi sendi kecil lainnya seperti di kaki dan tangan.

Bagi mereka yang mengalaminya tentu mengetahui bahwa hal itu bisa membuat tugas sederhana seperti berjalan menjadi sulit dan menyakitkan, bila asam urat terbentuk di persendian, terutama jempol kaki.

Beruntung, ada berbagai solusi alami yang sangat baik yang bisa membantu. Tapi sebelum itu, ada baiknya memperhatikan dan menghindari makanan yang dikonsumsi yang dapat menimbulkan asam urat.

Beberapa makanan tertentu yang mengandung zat dalam jumlah tinggi yang dikenal sebagai purin, dapat menyebabkan penumpukan asam urat karena dimetabolisme di dalam tubuh. Adapun makanan yang paling baik untuk dikurangi atau dihindari meliputi:

- Hati hewan atau telur
- Daging sapi
- Daging domba
- Ikan teri
- Ikan haring
- Ikan kembung
- Udang
- Lobster
- Kerang
- Unggas
- Asparagus
- Jamur
- Makanan dan minuman yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi

Untuk mengatasinya, berikut ini beberapa perbaikan alami pengobatan asam urat.

1. Buah dan jus ceri

Dikutip dari care2, meskipun banyak orang memilih aspirin sebagai tindakan pertama saat mereka mengalami asam urat, namun aspirin ternyata dapat memperparah masalah.

Oleh karena itu, kamu bisa mencegahnya dengan menggunakan ekstrak buah ceri. Buah ceri berkhasiat tidak hanya mengurangi peradangan tapi meredam rasa sakit asam urat.

Caranya, siapkan dua sendok makan jus konsentrat yang bisa ditemukan di banyak toko makanan kesehatan. Kamu hanya perlu meminumnya setiap hari untuk mendapatkan hasil yang efektif. Sebagai alternatif, makan sekitar 20 buah ceri setiap hari (asam atau manis keduanya tetap efektif).

Baca Juga: Nah! Ini Dia Resep Rahasia Bibir Anti Kering
Ternyata Berjalan Kaki Punya Manfaat Buat Penderita Kanker

2. Seledri dan biji seledri

James Duke, Ph.D., penulis The Green Pharmacy, menemukan lebih dari 20 senyawa anti inflamasi pada seledri dan biji seledri, termasuk zat yang disebut apigenin, yang sangat kuat dalam tindakan anti inflamasi.

Kamu bisa mengonsumsi seledri baik berupa batang seledri yang bisa ditambahkan ke sup, salad, semur dan kari. Namun, jika kamu tidak yakin bagaimana menggunakan biji seledri, bisa menambahkannya ke sup, semur atau gunakan sebagai pengganti garam dalam banyak resep.

Atau kamu juga dapat menggunakan bawang putih dan seledri untuk mendapatkan rasa yang berbeda. Cukup oleskan minyak zaitun dengan roti utuh atau roti bebas gluten dan taburi dengan biji seledri (dan cincang bawang putih segar, jika menggunakannya) dan panggang dalam oven 300 derajat Fahrenheit sampai berwarna cokelat keemasan.

3. Cuka sari apel

Banyak orang mengonsumsi air minum dengan satu sendok teh cuka sari apel yang bermanfaat untuk asam urat. Pilihlah cuka sari apel yang mengandung beberapa sedimen (dikenal sebagai 'ibu', yaitu budaya probiotik alami yang mengubah apel atau sari apel menjadi cuka).

Pastikan juga bahwa kamu memilih yang belum dipasteurisasi, karena pasteurisasi membunuh mikroba yang menguntungkan. Cuka sari apel sendiri tidak hanya mengandung mikroba bermanfaat yang membantu mengurangi peradangan, tapi juga mengandung asam chlorogenic, yang menunjukkan dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan asam urat.

4. Jahe

Jahe telah terbukti efektif untuk banyak jenis artritis, termasuk osteoartritis, rheumatoid arthritis dan asam urat. Penelitian di jurnal Food and Chemical Toxicology menghubungkan keefektifannya dengan kristal asam urat ke senyawa alami jahe yang dikenal sebagai 6 shogaol.

Dalam cara ini, jahe segar yang sudah dikeringkan akan lebih baik, namu jika tidak ada jahe biasa juga bisa membantu. Tambahkan jahe segar atau kering ke tumisan, kari, sup atau buatlah menjadi teh.

Untuk membuat teh jahe, cukup potong jahe segar dua sampai tiga inci, tambahkan ke satu liter air dan rebus di atas kompor selama 45 sampai 60 menit. Kemudian saring, dan tambahkan stevia (jika diinginkan) dan minum tiga gelas sehari. Setelah itu, simpan sisa teh di lemari es. Kamu juga bisa menambahkan satu atau dua inci akar jahe segar ke dalam blender jus saat membuat jus sayuran segar.

5. Air

Seperti diketahui, kita mengetahui bahwa penting mengonsumsi air setiap hari. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang menderita asam urat untuk banyak meminum air guna membersihkan kelebihan asam urat dari tubuh.

Sementara itu, kelebihan berat badan juga dapat menjadi faktor risiko asam urat. Maka dari itu, sangat penting menghindari diet protein hewani tinggi untuk menurunkan berat badan karena dapat memperparah asam urat.

Informasi gaya hidup, hanya di arah.com

Video trending pilihan redaksi:

Berita Terkait

Ini Lho Khasiat Super Bawang Putih Buat Kesehatan Tubuh Ini Lho Khasiat Super Bawang Putih Buat Kesehatan Tubuh
Ini Lho, Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh Ini Lho, Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh
Santap Dua Pisang Sehari dan Dapatkan Manfaat Ini Santap Dua Pisang Sehari dan Dapatkan Manfaat Ini

#Jakarta #cara mengobati asam urat #Makanan Sehat #kesehatan tubuh

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar