Soekarwo Setuju Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahrir Indonesia

Dok. Gubernur Jawa Timur, Soekarwo (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)

Arah -  Gubernur Jawa Timur, Soekarwo  menanggapi langkah pemerintah yang akan membubarkan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Pak De Karwo, sapaan akrab Soekarwo menilai semua organisasi di Indonesia harus berasaskan Pancasila.

"Jadi semua organisasi masyarakat, organisasi politik, organisasi supra dan infrastruktur itu diwajibkan harus mengikuti konstitusi kita, yaitu undang undang dasar 1945, karena herarkis perundang-undangan kita adalah dari konstitusi, Pancasila di dalam konstitusi kita UUD 1945 sebagai sumber hukum, jadi wajib hukumnya di dalam konstitusi itu diatur semuanya harus berasaskan Pancasila," Ucap Pak De Karwo di Gedung Grahadi, Surabaya, Selasa, (9/5/2017).

Menurut Pak De Karwo, dirinya sangat setuju atas sikap pemerintah untuk membubarkan HTI.

"Bukan cuma setuju, harus, harus berasaskan Pancasila," tegasnya.

Labih lanjut Pak De Karwo menanggapi peryataan HTI yang menyatakan akan terus melakukan dakwah di kampus kampus. Menurutnya, secara organisasi ormas HTI sudah tidak bisa lagi melakukan kegiatan kegiatannya, namun hal itu juga bergantung pada putusan departemen agama jika berkaitan dengan keagamaan.

Baca Juga: Ini Dia Sosok Macron Presiden Termuda Prancis
Mbah Ponco, Masuk Nominasi Aktris Terbaik di Festival Film ASEAN

"Secara organisasi tidak boleh karena sudah dibubarkan, secara materi nanti departemen agama yang akan kemudian, apakah materi itu seperti edaran menteri agama, apakah untuk dakwah untuk kemudian meningkatkan syiar islam apakah itu justru menimbulkan berbagai permasalahan" pungkasnya.

Seperti diketahui, Menteri Koordinator bidang Politik dan Hukum Keamanan menegaskan, upaya pemerintah membubarkan organisasi ormas (ormas) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) akan dilakukan segera melalui upaya jalur hukum.

"Lewat pengadilan hukum, akan ada proses pengajuan kepada satu lembaga peradilan," papar Wiranto di Gedung Kemenko Polhukam, Jalan Merdeka Barat, Gambir Jakarta Pusat, Senin (8/5/2017).

Selanjutnya, Wiranto juga memastikan bahwa upaya pemerintah dalam pembubaran HTI tetap sesuai dengan dasar hukum dan sistem peradilan yang berlaku pada umumnya. (Muhammad Mukied)

Berita Terkait

GAPAI Sumut Sebut Pemerintah Blunder Bubarkan HTI GAPAI Sumut Sebut Pemerintah Blunder Bubarkan HTI
Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK
Fatwa Dikriminalisasi, MUI Seperti Akan Dilenyapkan? Fatwa Dikriminalisasi, MUI Seperti Akan Dilenyapkan?

#Jakarta #HTI Dibubarkan #Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) #Soekarwo #Gubernur Jawa Timur

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar