Dipindah ke Brimbob, Begini Kondisi Ahok

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (kedua kanan) selaku terpidana kasus penistaan agama menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (9/5). Majelis Hakim memvonis Ahok dengan hukuman dua tahun penjara karena terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar hukum, sementara itu Ahok bersama kuasa hukumnya bakal mengajukan banding atas putusan tersebut. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Arah -  Terpidana kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok diketahui dipindahkan dari rumah tahanan (rutan) Cipinang ke rutan di Markas Komando (Mako) Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Pemindahan Ahok dibenarkan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

"Iya tadi malam," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Rabu (10/5/2017).

Menurut Djarot alasan dipindahkannya Ahok ke Mako Brimbob untuk kelancaran lalu lintas berdasarkan saran dari Kepala rutan Cipinang Asep Sutandar.

"Kalo ada disitu (Cipinang) warga dateng terus, itu jalannya kecil di Cipinang dan itu akan mengganggu (lalu lintas). Tadi malem juga saya sudah sampaikan kepada pendukung untuk segera membubarkan diri dan pulang dengan damai dan lancar," jelas Djarot.

Baca Juga: Nyalakan Lilin, Massa Pendukung Ahok Bertahan di Penjara Cipinang
Pendukung Ahok Tak Gentar Dibubarkan Paksa Pakai Water Canon

Meski mengaku tidak ikut saat pemindahan Ahok ke Mako Brimbob, Djarot mengungkapkan kondisi Ahok sehat dan tetap bersemangat. Bahkan Djarot mengaku dirinya yang diberikan semangat oleh Ahok.

"Sehat, baik. Jadi teteap semangat tegar. Beliau juga sempat pesen berikan. Justru beliau juga berikan semangat pada saya," ungkap Djarot.

Ahok dinyatakan terbukti bersalah melakukan penodaan agama. Ahok dinilai majelis hakim terbukti melakukan tindak pidana dalam Pasal 156a KUHP yakni secara sengaja mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama di muka umum.

Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarso mengatakan, dari pemeriksaan barang bukti dan saksi terdakwa dinyatakan bersalah.

"Atas hal itu tersakwa dihukum 2 (dua) tahun penjara," katanya saat memimpin persidangan. (Harry Muthahhari)

Berita Terkait

Begini Janji Djarot Usai Temui Ahok di Penjara Cipinang Begini Janji Djarot Usai Temui Ahok di Penjara Cipinang
Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang
Begini Pidato Djarot di Balai Kota Tanpa Ahok Begini Pidato Djarot di Balai Kota Tanpa Ahok

#Jakarta #Ahok divonis 2 tahun #ahok di penjara #Ahok-Djarot #Djarot Saiful Hidayat #mako brimob #Lapas Cipinang #Penistaan Agama

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar