Ketua MUI Jabar Pastikan Tak Ada Lagi Ormas Anti Pancasila

Pengunjuk rasa yang tergabung dalam Keluarga Besar Nahdlatul Ulama kota Bandung berdemonstrasi menuntut pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/4). Mereka selain menolak kegiatan yang akan diselenggarakan HTI pada Sabtu (15/4) juga menolak gagasan khilafah yang diusung HTI. (ANTARA FOTO/Agus Bebeng)

Arah - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, KH. Rachmat Syafei memastikan ormas di Jawa Barat tak memiliki paham yang bertentangan dengan Pancasila.

"Jadi kalau pemahaman baik NU ataupun baik Muhammadiyah, kalau NU-Muhammadiyah kelihatannya menolak lah sistem khilafah di Indonesia, kalau dari Persis juga sama," ujarnya saat dihubungi arah.com, Kamis (11/5/2017).

Ia melanjutkan, memang pada dasarnya tidak boleh ada organisasi kemasyarakatan yang menentang dasar negara yang telah ditetapkan. Kecuali hanya pemikiran untuk mengkaji.

"Kalau dibilang anggaran dasarnya itu menolak, itu tentu tidak boleh," katanya.

Baca Juga: Jadi Sampah, Bunga untuk Ahok di Mako Brimob Dipindahkan
Jadi Sampah, Bunga untuk Ahok di Mako Brimob Dipindahkan news | 24 menit lalu Kangen Ahok, Nicholas Purnama Curhat di Facebook Kangen Ahok, Nicholas Purnama Curhat d

Rachmat Sayfei juga menegaskan, jika sebuah gagasan yang bertentangan tersebut dijadikan sebuah gerakan, hal itu akan menimbulkan masalah.

"Kalau pemikiran, kajian, itu tidak masalah kan kebebasan berpendapat, tapi menjadikan suatu program dan suatu gerakan itulah jadi masalah," imbuhnya.

Lebih lanjut Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini juga mengatakan, bila pemikiran di luar Pancasila berkembang itu tidak apa-apa, asalkan cukup sebagai pengetahuan dan bukan untuk membuat gerakan ataupun organisasi karena bertentangan dengan dasar negara.

"Kalau pemahaman berkembang secara akademis wajar-wajar saja boleh saja, tapi dijadikan organisasi dan gerakan tentu bertentangan dengan yang ada di Indonesia," katanya.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

GAPAI Sumut Sebut Pemerintah Blunder Bubarkan HTI GAPAI Sumut Sebut Pemerintah Blunder Bubarkan HTI
Kecewa Dibubarkan Pemerintah, HTI Klaim Tidak Melanggar Hukum Kecewa Dibubarkan Pemerintah, HTI Klaim Tidak Melanggar Hukum
Mengusung Paham Khilafah, Sejumlah Ulama Minta HTI Dibubarkan Mengusung Paham Khilafah, Sejumlah Ulama Minta HTI Dibubarkan

#Jakarta #HTI Dibubarkan #bubarkan HTI #Hizbut Tahrir Indonesia (HTI)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar