Tiga Amalan Malam Nisfu Sya'ban yang Bisa Bikin Hidupmu Mulia

Ilustrasi foto (Shutterstock)

Arah - Malam ini , Kamis (11/5/2017), boleh jadi menjadi malam fenomenal bagi umat muslim. Malam ini di mana umat muslim berada di tengah-tengah bulan Sya’ban atau yang lebih dikenal dengan Nisfu Sya’ban, salah satu bulan yang paling mulia di hadapan Allah SWT. Bahkan dikatakan dalam sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim, bahwa Nabi SAW lebih sering puasa sunah di bulan Sya’ban dibandingkan pada bulan lainnya.

Selain disunahakan berpuasa, menghidupkan malam sya’ban juga sangat dianjurkan khususnya malam Nisfu Sya’ban dengan memperbanyak ibadah dan melakukan amalan baik.

Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al-Maliki menegaskan bahwa terdapat banyak kemuliaan di malam Nisfu Sya’ban. Seperti dikutip nuonline, Setidaknya terdapat tiga amalan yang dapat dilakukan pada malam Nisfu Sya’ban yang disarikan dari kitab Madza fi Sya’ban karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki.

Baca Juga: Bagaimana Hukumnya Istri Mengambil Uang Suami Tanpa Izin?
Rahasia Isra' Mi'raj yang Terjadi di Bulan Rajab

Memperbanyak doa

Doa merupakan senjata bagi umat muslim. Doa bahkan disebut sesuatu yang sifatnya transendental bagi umat muslim. Seperti dalam hadits yang diriwayatkan Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,

“(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

Memperbanyak membaca Syahadat

Kalimat Syahadat atau kalimat penyaksian merupakan pengakuan kita kepada Allah bahwa kita tanpa sedikitpun meragukan kebenaran Allah dan Rasulnya.

Untuk itu, dua kalimat syahadat termasuk salah satu dari kalimat mulia. Dua kalimat syahadat  sangat baik dibaca kapan pun dan di mana pun terlebih lagi pada malam Nisfu Sya’ban.

“Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Sya’ban dan malam pertengahannya,” tulis Sayyid Muhammad bin Alawi kitab Madza fi Sya’ban.

Memperbanyak Istigfar

Manusia pada umumnya tidak bersih dari dosa dan kesalahan. Berapa banyak amalan atau perilaku kita yang sadar atau tanpa sadar masuk dalam kategori dosa. Namun yang perlu dipastikan adalah Allah SWT senantiasa membuka pintu ampunan kepada siapa pun.

Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan bahwa Istigfar merupakan amalan utama pada malam Nisfu Sya’ban.

“Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Alqur’an dan hadits. Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan,” terang Sayyid Muhammad bin Alawi.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Malaikat Ternyata Mendengar Alquran yang Kita Baca, Ini Buktinya Malaikat Ternyata Mendengar Alquran yang Kita Baca, Ini Buktinya
Begini Cara Allah Selesaikan Masalah Berat dengan Solusi Sepele Begini Cara Allah Selesaikan Masalah Berat dengan Solusi Sepele
Patrialis Akbar Kena OTT KPK, Komisi III DPR Angkat Bicara Patrialis Akbar Kena OTT KPK, Komisi III DPR Angkat Bicara

#Jakarta #Zikir Nisyfu Syaban #Bulan Ramadan #Doa #rasulullah saw #Kitab Suci Alquran

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar