Ma'aruf Amin: HTI Layak Dibubarkan

Maaruf amin bersama Dedi Mulyadi usai menghadiri acara Istighosah Kubro di Purwakarta, Jumat (12/5). (Foto: Arah.com/ Haryanto)

Arah - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin menyebutkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) merupakan organisasi yang bertentangan dengan sistem pemerintahan Indonesia dan layak untuk dibubarkan.

"HTI kan memang organisasi yang mengusung khilafah, organisasi transnasional. Nah klo dia usung khilafah, berarti dia bertabrakan dengan sistem pemerintahan Indonesia, itu tidak bisa," katanya di acara Istighosah Kubro, Purwakarta, Jumat (12/5).

"Makanya ada dua hal, pertama mereka harus berubah cara berpikirnya, atau kalau tidak, terpaksa, layak dibubarkan," lanjutnya.

Baca Juga: Jelang Puasa, Sandiaga Pastikan Tim Sinkronisasi Bantu Jaga Harga
Resmi Kerja, Begini Laporan Tim Sinkronisasi Versi Anies-Sandi

Organisasi yang berada di Indonesia, menurut Ma’ruf sudah diharuskan untuk mengacu pada sistem dan aturan nasional yang telah ditetapkan dalam berbangsa dan bernegara.

"HTI ini kan masih dua, masih bercabang, katanya dia terima pancasila tapi dia mengembangkan sistem khilafah. Khilafah kan sistem pemerintahan, berarti dia mau mengubah," jelas Ma'aruf.

Meski begitu, dia menegaskan pembubaran HTI harus tetap melewati proses hukum pengadilan.

"Pembubaranya harus lewat pengadilan, biar (ke-Khalifah-an) dibuktikan lewat pengadilan. Tapi kan secara umum kita sudah melihat mereka menjual khilafah, menjual khilafah berarti mendegradasi sistem NKRI kita," pungkasnya. (Haryanto)

Video trending pilihan redaksi:

Berita Terkait

Muhammadiyah Daerah: Konflik Umat Islam Dengan Pemerintah Muhammadiyah Daerah: Konflik Umat Islam Dengan Pemerintah
GAPAI Sumut Sebut Pemerintah Blunder Bubarkan HTI GAPAI Sumut Sebut Pemerintah Blunder Bubarkan HTI
Wiranto: Aktivitas HTI Ancam Kedaulatan Negara Wiranto: Aktivitas HTI Ancam Kedaulatan Negara

#Jakarta #HTI Dibubarkan #Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) #Ma'ruf Amin

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar