BMKG: Bulan Ramadhan Jatuh Pada 26 Mei 2017

Ilustrasi pemantauan hilal. (Antara/Syaiful Arif)

Arah -  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan tanda waktu penentuan awal bulan puasa pada tahun 2017 ini.

BMKG menyampaikan informasi Hilal saat matahari terbenam, jatuh pada hari Jumat, 26 Mei 2017 M, sebagai penentu awal bulan Ramadhan 1438 Hijriah, dikutip laman BMKG, Sabtu (13/5).

Penghitungan itu berdasarkan keteraturan peredaran bulan dalam mengelilingi Bumi, dan Bumi bersama-sama bulan mengelilingi matahari memungkinkan manusia untuk mengetahui penentuan waktu.

Baca Juga: Tolong Wanita Kerasukan, Pendeta Ini Malah Masuk Bui 30 Tahun
Viral Foto Bareng, Perempuan Cantik Ini Buka Rahasia Soal...
Nia Ramadhani Baru Melahirkan, Tapi Ingin Tambah Momongan Lagi

Dan, salah satu penentuan waktu adalah penentuan awal bulan Hijriah yang didasarkan pada peredaran bulan mengelilingi Bumi.

Penentuan awal bulan Hijriah ini sangat penting bagi umat Islam dalam penentuan awal tahun baru Hijriah, awal bulan Ramadhan, hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha.

Penentuan awa bulan Ramadhan itu juga meliputi data-data, seperti wktu konjungsi (Ijtima') dan waktu terbenam matahari, data hilal saat matahari terbenam untuk beberapa kota di Indonesia, peta ketinggian hilal, peta elongasi, peta umur bulan, peta lag, peta fraksi illuminasi, objek astronomis lainnya yang berpotensi mengacaukan rukyat hilal.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Analisis BMKG Soal Hujan Lebat Jabodetabek Hari ini Analisis BMKG Soal Hujan Lebat Jabodetabek Hari ini
BMKG Bikin Aplikasi Pemantau Cuaca untuk Mudik Lebaran BMKG Bikin Aplikasi Pemantau Cuaca untuk Mudik Lebaran
Gempa 7,3 SR Guncang Filipina, Tak Sebabkan Tsunami di Indonesia Gempa 7,3 SR Guncang Filipina, Tak Sebabkan Tsunami di Indonesia

#Jakarta #Ramadhan 1438 H #Ramadhan 2017 #Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) #BMKG

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar