Ransomware Bikin Menkominfo Ingat Pembentukan Badan Siber

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam keterangan pres menghadapi ransomware WannaCray di Jakarta, Sabtu (14/5) (Foto Arah.com/Dini Afrianti)

Arah -  Indonesia masuk ke dalam 99 negara yang diserang program jahat (malware) ransomware jenis WannaCry (Wanna Decrypt0r, WannaCryptor, WCRY).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pun meminta masyarakat waspada dengan penyebaran ransomware. Selain itu, Menkominfo Rudiantara mengaku sudah berkoordinasi dengan seluruh kementerian untuk menghadapi malware ganas itu.

"Untuk mengantisipasinya saya sudah sampaikan ke teman-teman menteri dan kabinet mengenai isu ini dan apa saja yang harus dilakukan," kata Rudiantara, ditemui di konferensi pers Antisipasi Ancaman Ransomware WannaCry di kawasan Cikini, Jakarta, Minggu (14/5).

Rudiantara menyampaikan kejadian ini membuat pemerintah mengingat kembali terkait penggodokan program Badan Siber Nasional (Basinas) oleh (Kominfo). Sekaligus menandakan lemahnya keamanan siber di Indonesia.

Baca Juga: Ransomware Minta Tebusan Rp4 Juta, ID-SIRTII: Jangan Bayar!
Menkominfo Imbau Warga Tak Panik Terhadap Serangan Ransomware

"Itu adalah salah satu program prioritas Kominfo. Secara struktur pemerintah sudah menetapkan membentuk Badan Siber Nasional. Saat ini Basinas sudah berbentuk peraturan presiden (perpres) dan keputusan presiden (kepres) sedang diproses," kata pria yang akrab disapa Chief RA itu.

Rudiantara mengingatkan semua itu akan sia-sia jika tidak ada kesadaran dari setiap individu untuk melindungi data pribadinya dengan meng-update password diberbagai akun.

"Seberapa sering kamu ganti password? Kesadaran pentingnya ganti password secara berkala adalah bukti kepedulian kita pada keamanan siber. Kalau kita peduli, paling nggak sebulan sekali ganti password," kata Rudiantara.

"Banyak juga akun email yang dibuat beberapa tahun lalu, tapi sampai sekarang nggak diganti passwordnya," tutupnya. (Dini Afrianti)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Menkominfo Imbau Warga Tak Panik Terhadap Serangan Ransomware Menkominfo Imbau Warga Tak Panik Terhadap Serangan Ransomware
RS Harkit dan RS Dharmais Kena Serangan malware Ransomware RS Harkit dan RS Dharmais Kena Serangan malware Ransomware
Ini Langkah Cegah Komputer Terinfeksi Malware Ransomware Ini Langkah Cegah Komputer Terinfeksi Malware Ransomware

#Jakarta #Virus Komputer #Malware #Ransomware #Rudiantara #Menteri Kominfo #Kemenkominfo

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar