Dua Rumah Sakit Terserang WannaCry, Ombudsman: Belum Ada Laporan

Komisioner Ombudsman, Ahmad Alamsyah Saragih. (arah.com/Dini Afrianti)

Arah - Lembaga pengawas pelayanan publik Ombudsman mennyatakan belum menerima satupun aduan masyarakat terkait serangan malware WannaCry di Indonesia.

"Belum ada sampai saat ini belum ada laporan ke kita, tapi biarlah kementerian kominfo yang membantu mereka untuk mengatasi itu," ujar Komisioner Ombudsman, Ahmad Alamsyah Saragih di gedung Ombudsman Jalan Rasuna Said Kav-19, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2017).

Belum adanya laporan tersebut menurut Alamsyah lebih dikarenakan masih sedikitnya korban, namun dirinya juga memastikan pihaknya tetap akan turun tangan jika pelayanan atau bantuan dari Kemenkominfo tidak sesuai seperti yang diharapkan.

Baca Juga: Aneh! Berang Anaknya Ditilang, Bapak Ini Tunjukkan Foto
Benarkah Nabi Adam Manusia Pertama?

"Belum, kan juga jumlahnya juga belum terlalu banyak, tapi kalau kemudian mereka meminta support dari kominfo ada kendala, mereka boleh lapor ke ombudsman," tandas Alamsyah.

Seperti diketahui malware rasomware WannaCry merupakan sebuah virus jahat yang akan menyandera data komputer korban yang diserang berdasarkan jaringan internet yang sedang terhubung.

Setelah data korban tersandra maka, akan muncul pemberitahuan untuk mengirimkan uang dalam bentuk bitcoin sebesar 300 USD atau setara dengan Rp 4 juta agar data tersebut dapat diakses kembali oleh pemiliknya.

Hingga hari ini dua rumah sakit di Indonesia yakni Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais yang sistemnya terserang wabah tersebut. Akibatnya pelayanan media di rumah sakit tersebut cukup terganggu dan beralih melayani secara manual atau dengan menggunakan kertas. (Dini Afrianti)

Berita Terkait

Makin Mengerikan, WannaCry Serang 150 Negara Via e-Mail Makin Mengerikan, WannaCry Serang 150 Negara Via e-Mail
Ini Daftar Rekening Bitcoin Milik 'Pemalak' Ransomware WannaCry Ini Daftar Rekening Bitcoin Milik 'Pemalak' Ransomware WannaCry
BEI Pakai Sistem Keamanan Berlapis Tangkal Serangan Ransomware BEI Pakai Sistem Keamanan Berlapis Tangkal Serangan Ransomware

#Jakarta #virus malware #serangan malware #Malware #Ransomware

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar