Dubes AS Kagumi Keberagaman Umat Beragama di NTB

Islamic Center Lombok. (Foto: Nusalombok.com)

Arah -  Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr., mengagumi keberagaman antarumat beragama di Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Saya sudah dengar banyak tentang Masjid Islamic Center dari Gubernur NTB. Saya ingin belajar peran (tokoh) agama di Lombok," kata Joseph saat berkunjung ke Masjid Hubbul Wathan Islamic Center di Kota Mataram, NTB, Selasa (16/5).

Dalam kunjungannya ke masjid terbesar di NTB itu, Dubes AS ini ditemani Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi dan Konsul Jenderal AS di Surabaya Heather Variava.

Dubes Joseph R Donovan Jr menilai keberadaan Masjid Hubbul Wathan Islamic Center sangat bagus sebagai simbol kadamaian dan toleransi antarumat beragama di NTB dan Indonesia. Hal ini dilihatnya saat berada di atas menara 99 Asmaulhusna di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center.

Baca Juga: Pria Ini Bikin Heboh, Beli Makanan Cepat Saji Naik Helikopter
Presiden Perintahkan Tindak Tegas Pengganggu Persatuan

"Pemandangan dari Islamic Center sangat bagus, bisa kita lihat seluruh Kota Mataram dari ujung ke ujung, bisa lihat seluruh masjid dan gereja yang dibangun dekat kediaman gubernur dan saling berdampingan," ujarnya.

Karena itu, seperti adat istiadat, budaya, agama serta masyarakatnya.

Menurutnya, Indonesia memiliki beragam budaya dan adat istiadat yang unik sehingga perlu dipelajari dan diperkenalkan di negara Amerika. Untuk itu, ia ingin memperkenalkan dan berbagai kebudayaan Amerika di Indonesia, khususnya di Lombok.
Terlebih lagi, ia sangat terkesan dengan keramahtamahan warga NTB yang telah menyambutnya bersama istri dan rombongan.

Selain kebudayaan, kata Joseph R Donovan Jr, Amerika juga telah menjalin beberapa kerja sama, di antaranya program pendidikan dengan Universitas Mataram, program dana hibah serta program-program lain terkait penanaman investasi di daerah ini.

Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi mengatakan kunjungan Dubes AS merupakan bentuk kepercayaan negara Amerika terhadap NTB. Kepercayaan tersebut menurut gubernur terkait dengan keamanan dan kondusivitas daerah yang sejak lama sudah terjaga di NTB.

"Ini menunjukkan Lombok itu aman dan kondusif. Karena tidak mungkin Dubes Amerika mengunjungi daerah yang dianggap tidak aman dan kondusif," jelas gubernur.

Selain itu, gubernur menuturkan NTB merupakan daerah yang ramah dan bersahabat bisa mengembangkan satu pola bermasyarakat dalam kemajemukan dan juga harmoni.

"Ini juga merupakan satu apresiasi bahwa berkat kerja keras dan kera sama semua pihak, kita semua memiliki sahabat sebagai modal yang dibutuhkan untuk membangun NTB," katanya.

Video trending pilihan redaksi

Berita Terkait

Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI
Dicaci Maki Sesama Penumpang, Gubernur NTB Maafkan Pelaku Dicaci Maki Sesama Penumpang, Gubernur NTB Maafkan Pelaku
Ini Langkah MUI Memediasi Perseteruan Megawati dan Habib Rizieq Ini Langkah MUI Memediasi Perseteruan Megawati dan Habib Rizieq

#Jakarta #Nusa Tenggara Barat (NTB) #Kerukunan/ Toleransi Beragama #Duta Besar #Amerika Serikat #Muhammad Zainul Majdi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar