Wow! Nanti Ponsel Bakal Meledak Sendiri Ketika Dicuri

Ilustrasi: Ponsel pintar Samsung Galaxy Note 7 yang dilaporkan meledak saat diisi daya (charging). (androidauthority.com)

Arah -  Apa rasanya jika ponsel pintar kamu hilang dicuri orang? Sedih dan kesalkan. Tapi, yang paling penting itu adalah bagaimana caranya data-data yang ada di ponsel tidak disalahgunakan oleh si pencuri?

Nah, kini sedang dikembangkan sebuah teknologi yang bisa menghancurkan ponsel saat dicuri orang. Tujuannya untuk menjaga data-data yang ada di ponsel tetap aman.

Peneliti dari King Abdullah University of Science and Technology (KAUST), Arab Saudi, sedang mengembangkan teknologi yang disebut 'self destruct' itu, dilansir Tech Time, Sabtu (20/5).

Nanti, di teknologi ini, pemilik ponsel yang bisa memicu ledakan di ponselnya hanya dalam hitungan detik.

Baca Juga: Bohong Soal Whatsapp, Facebook Didenda Rp1,6 Triliun
Peneliti Uji Kemampuan Virus Zika untuk 'Bunuh' Sel Kanker

Alat pemicu ledakan dibuat dari polimer dan silikon yang diletakkan di dalam ponsel. Dan penghancuran ponsel bisa dilakukan dengan jarak jauh dengan bantuan aplikasi.

Untuk memicu ledakan, peneliti memanfaatkan daya yang ada di baterai ponsel. Kemudian daya baterai itu akan mengaktifkan polimer yang berkembang secara cepat hingga tujuh kali aslinya ketika dipanaskan dengan suhu 80 derajat celsius.

Dalam hitungan 10 detik polimer akan meledak dan menghancurkan chip penyimpanan yang ada di ponsel. Alat ini juga berlaku untuk gadget lain, seperti laptop.

Peneliti mengatakan alat ciptaan ini bakal berbiaya murah, hanya 15 dolar AS. Namun, sayangnya belum diketahui kapan teknologi self destruct mulai beredar di pasaran.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Xiaomi Mi Max 2 Dirilis 25 Mei, Harganya Diperkirakan Rp3 Jutaan Xiaomi Mi Max 2 Dirilis 25 Mei, Harganya Diperkirakan Rp3 Jutaan
Bocor, Moto Z2 Force Dipasang Dual Kamera? Bocor, Moto Z2 Force Dipasang Dual Kamera?
Keseringan Main Ponsel, Leher Gadis Ini Selalu Nengok ke Bawah Keseringan Main Ponsel, Leher Gadis Ini Selalu Nengok ke Bawah

#Jakarta #Ponsel Meledak #ponsel pintar #Smartphone #Berita terkini

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar