Wow, Suhu di Lapisan Es Antartika Menjadi Lebih Hangat

Antartika dilihat dari satelis NASA. (Foto: Nasa Gov)

Arah - Edvin Aldrian mengatakan peneliti BMKG yang juga pernah melakukan penelitian di Antartika menyebutkan memang pada masa musim panas ada daratan di sana yang akan terbuka dari es. Saat itu, lumut dan paku-pakuan menjadi organisme pertama yang tumbuh.

Namun pencairan es di Antartika memang cukup hebat. Suhu di sana menjadi lebih hangat dalam setengah abad ini dan itu membuat nyaman lumut untuk tumbuh lebih cepat.

Sebenarnya, menurut Edvin, Kutub Selatan memiliki iklim sendiri yang berbeda dengan belahan bumi lain karena terlindungi sirkumpolar. Seharusnya dengan iklim sendiri es di kutub terlindungi, namun dengan peningkatan suhu bumi saat ini ternyata itu tidak terjadi. Perubahan iklim telah membuat deviasi suhu di Kutub Selatan pada musim dingin dan panas mencapai 8 derajat Celsius. Padahal sebelumnya deviasi normalnya hanya antara 1 hingga 1,5 derajat Celsius.

Baca Juga: Gerindra Sesumbar DPRD DKI Akan Sepakat dengan Tim Sinkronisasi
Tinggal Hitungan Hari, Ini yang Harus Dipersiapkan Saat Ramadhan

"Jadi daerah kutub memang paling menderita karena perubahan iklim," lanjut Edvin.

Suhu yang lebih hangat di daerah Kutub Selatan terkadang menyebabkan tekanan udara yang terlalu tinggi. Jika pada saat bersamaan suhu di khatulistiwa terlalu panas, terkadang mampu menarik sisi dingin lebih kencang atau sebaliknya, tergantung pola dinamika yang terjadi saat itu. Akibatnya, peristiwa serangan hawa panas yang terjadi di Pakistan atau justru badai di Arab Saudi dan hujan salju di Uni Emirat Arab terjadi.

Peningkatan suhu bumi juga berpengaruh pada angin yang berhembus semakin tinggi di lapisan atmosfer. Ini, menurut Edvin, menyebabkan awan juga terbentuk semakin tinggi hingga mencapai lapisan bersuhu sangat rendah, hingga uap-uap air membeku menjadi es.  "Ini fenomena merata di seluruh dunia," ujar dia. (Antara)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

KPI Siap Pasang Badan Jamin Perlindungan terhadap Jurnalis KPI Siap Pasang Badan Jamin Perlindungan terhadap Jurnalis
Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq? Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq?
Kapolri Nilai Sikap Radikal Bisa Positif, Jika... Kapolri Nilai Sikap Radikal Bisa Positif, Jika...

#Jakarta #Antartika #Fenomena Alam

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar