8 Tips Berpuasa Bagi Non-Muslim

Ilustrasi puasa bicara (Shutterstock)

Arah - Bulan Ramadan menjadi kesempatan bagus untuk umat Muslim meningkatkan takwa mereka dengan berpuasa selama sebulan penuh. Berbagai manfaat kesehatan bisa didapat dengan berpuasa.

Namun tidak hanya umat Muslim, bagi kalian umat non-Muslim, juga bisa ikut berpuasa. Baik itu ikut mempelajari bagaimana kehidupan umat Muslim saat berpuasa atau sekedar ikut dalam semarak Ramadan.

Ada banyak pertanyaan dari orang-orang yang ingin mencoba berpuasa dan mengetahui bagaiman caranya. Dilansir dari Gulf News, ada sejumlah tips bagi kamu non-Muslim yang ingin mencoba berpuasa.

1. Ikut Sahur

Jangan lupa isi perutmu dengan makanan bergizi saat sahur atau waktu sebelum terbit matahari. Kamu bisa makan sekitar pukul 03.00 dini hari hingga terdengar adzan Subuh.

Pilihlah makanan yang akan membuatmu kenyang seperti roti, sayur, yogurt rendah lemak, dan buah. Pastikan juga kamu banyak minum air mineral agar tidak mudah haus.

2. Cukup Tidur

Karena pada siang hari, banyak umat Muslim yang berpuasa, tentu malam hari menjadi waktu yang lebih leluasa untuk berkumpul. Namun jangan paksakan dirimu pulang larut. Pergunakan waktumu untuk tidur selama 8 jam dan bangun pada saat sahur.



3. Kuatkan Pikiran

Ini adalah yang paling penting. Kamu harus memiliki niat yang kuat bahwa kamu yakin bisa berpuasa. Sama halnya ketika kamu meyakinkan dirimu kamu "saya bisa makan ini dan itu," demikian juga dengan berpuasa. Jika kamu yakin, maka akan menjadi lebih mudah.

4. Kelola Beban Kerja Secara Efektif

Kamu harus memastikan bahwa kamu telah merencanakan pekerjaan kamu sebaik mungkin untuk menghindari kelelahan . Jangan tumpuk pekerjaan kamu sehingga karena kamu akan lebih cepat lelah. Ambil waktu sejenak untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiranmu.

Baca Juga: Zulkifli Hasan: Teroris Tidak Punya Tempat dan Agama
Sinabung Erupsi, Semburan Abu Vulkanik Setinggi 1.300 Meter

5. Jalani Aktifitas Seperti Biasa

Jangan tinggalkan apa yang telah kamu lakukan secara rutin tiap hari saat berpuasa. Lakukan sedikit modifikasi seperti waktu dan jumlahnya. Misalkan, kamu biasa berolahraga pagi dapat menggantinya dua jam setelah berbuka puasa.

6. Hati-hati Saat Berkendara

Jika kamu mengemudikan kendaraan saar berpuasa, mungkin konsentrasimu akan sedikit terganggu. Terlebih pada sore hari di mana jalanan sedang macet dan perut kamu sudah dalam keadaan kosong jelang berbuka.

Pastikan kamu cukup tidur dan tetap waspada saat mengemudi. Kamu bisa mengajak temanmu saat berkendara untuk membuatmu lebih waspada.



7. Tidur Siang

Kamu dapat memanfaatkan waktu saat istirahat dengan tidur siang sejenak. Atau jika kantormu memiliki jam pulang lebih cepat saat bulan Ramadan ini, kamu dapat memanfaatkannya untuk istirahat usai tiba di rumah.

8. Jangan Makan Berlebihan Saat Berbuka

Ingatlah, bahwa kamu belum makan apapun sepanjang hari. Jangan terlalu bernafsu untuk langsung makan dalam jumlah besar saat berbuka. Hindari makanan berlemak dan bergula tinggi karena dapat menyebabkan sakit kepala, gangguan pencernaan dan kelelahan. Selain itu metabolismemu dapat terganggu.

Karena itu, kamu dapat berbuka dengan buah seperti kurma, pisang dan air hangat. Berikan waktu sejenak sekitar 10 hingga 20 menit sebelum kamu menyantap makan malammu.

Mintalah rekomendasi dokter sebelum kamu berpuasa, terlebih jika kondisimu tidak memungkinkan. Dokter mungkin akan menganjurkanmu obat-obatan saat sahur jika kamu sedang sakit.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Tinggal Hitungan Hari, Ini yang Harus Dipersiapkan Saat Ramadhan Tinggal Hitungan Hari, Ini yang Harus Dipersiapkan Saat Ramadhan
Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi? Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi?
Terkait Dana Bansos, Mpok Sylvi Penuhi Panggilan Bareskrim Polri Terkait Dana Bansos, Mpok Sylvi Penuhi Panggilan Bareskrim Polri

#Jakarta #Ramadhan 1438 H #Ramadan 2017 #Tips Ramadan #manfaat puasa #info kesehatan puasa #Puasa

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar