Ternyata Ini Alasan Tak Boleh Banyak Konsumsi Garam

ilustrasi garam (shutterstock).

Arah -  Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin membuat kita cepat haus terus menerus. Bahkan, para periset mengungkapkan diet tinggi garam bisa mempengaruhi kebiasaan minum.

Dalam studi pertama, dua kelompok dari 10 kosmonot masing-masing melakukan misi simulasi ke planet Mars. Misi kelompok pertama ini memakan waktu selama 105 hari, sedangkan kelompok kedua sekitar 205 hari. Kedua kelompok tersebut memakan makanan yang sama persis, namun para periset kemudian mengubah jumlah garam dalam makanan mereka selama beberapa minggu sekaligus.

Dikutip dari Care2, Jumat (25/5) studi kedua memeriksa mengapa kosmonot minum lebih sedikit dan makan lebih banyak. Ternyata kosmonot dalam penelitian ini, mengonsumsi makanan lebih banyak karena diet tinggi garam meningkatkan kebutuhan kalori mereka. Hal ini karena makanan mengandung banyak garam menyebabkan lebih banyak urea menumpuk di ginjal kita. Tubuh kita pun terpaksa harus menghasilkan urea ekstra itu, dan tentunya membutuhkan energi banyak di dalamnya.

Sementara itu, para periset percaya memproduksi lebih banyak urea saat kita makan lebih banyak garam sebagai mekanisme pertahanan.

Baca Juga: Beberapa Buah Ini Lebih Baik Dimakan Dengan Kulitnya
Puasa Ramadhan, Momen Tepat Putus Ketergantungan Rokok

Prof. Friedrich C. Luft menjelaskan dalam siaran persnya, "alam rupanya telah menemukan cara untuk menghemat air yang seharusnya dibawa masuk ke urin oleh garam".

Namun yang tidak diteliti oleh studi ini yakni bagaimana diet tinggi garam dapat mempengaruhi faktor kesehatan lainnya, seperti tekanan darah atau kesehatan jantung. Tubuh kita membutuhkan beberapa sodium untuk berfungsi dengan baik, namun diet tinggi garam bisa dikaitkan dengan masalah kesehatan misalnya penyakit kardiovaskular dan kerusakan ginjal.

Meskipun tidak ada konsensus total tentang berapa banyak garam yang harus kita makan per hari, akan tetapi jumlah maksimumnya berkisar antara 1500 miligram dan 2300 miligram setiap harinya, tergantung pada usia dan kesehatan kita.

Jika memiliki tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau berbagai masalah kesehatan lainnya, maka harus tetap bertahan sampai 1500 miligram atau kurang. Untuk orang sehat berusia 14 tahun dan lebih, 2300 miligram per hari adalah jumlah garam maksimum yang harus dimakan. Antara 3/4 sendok teh dan satu sendok teh setiap hari.

Tetap pantau informasi gaya hidup terbaru, hanya di arah.com

Video trending pilihan redaksi

----

Berita Terkait

Telur untuk Turunkan Berat Badan, Begini Caranya Telur untuk Turunkan Berat Badan, Begini Caranya
Waspada! Makan Terburu-buru Berdampak Buruk Buat Kesehatan Lho Waspada! Makan Terburu-buru Berdampak Buruk Buat Kesehatan Lho
Ini Lho Khasiat Super Bawang Putih Buat Kesehatan Tubuh Ini Lho Khasiat Super Bawang Putih Buat Kesehatan Tubuh

#Jakarta #garam #tips kesehatan #Makanan Sehat

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar