7 Hal ini Harus Ada Dalam Menu Sahur, Agar Puasa Tetap Bugar

Ilustrasi makanan yang harus dihindari saat sahur dan berbuka puasa. (Shutterstock)

Arah -  Bulan Ramadhan menjadi saat yang istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia.

Ganjaran berlipat yang dijanjikan Allah Swt atas setiap amal ibadah, membuat semangat ibadah umat muslim cenderung meningkat pada bulan Ramadhan ini.

Amalan yang utama pada bulan Ramadhan, tentu saja berpuasa. Umat muslim diwajibkan menahan lapar dan haus seharian penuh, sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.

Baca Juga: Tips Aman Berpuasa untuk Penderita Hipertensi
Intip Yuk, Keseruan WNI Jalankan Ritual Awal Ramadhan di Canberra
Ucapkan Selamat Ramadhan, Netizen Minta Miyabi Berhijab

Meski demikian, Allah melalui Rasul-Nya menjanjikan orang-orang yang berpuasa akan dianugerahi kesehatan. Hanya makan dan minum di saat sahur dan berbuka, tidak berarti mereka yang berpuasa dengan benar menjadi rentan sakit.

Hal ini juga sudah dibuktikan secara medis. Untuk itu, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan untuk ada dalam menu saat sahur.

Gandum dan Biji-bijian

Biji-bijian yang utuh (bukan hasil menggiling) kaya akan serat dan karbohidrat. Ini membantu Kamu tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Termasuk biji-bijian yang dikonsumsi saat sahur dan juga berbuka puasa.

Kurma

Makan 1-2 butir kurma saat sahur dan berbuka, sangat dianjurkan untuk kesehatan. Kurma mengandung fruktosa alami dan kaya akan serat. Ini membantu dalam menjaga kadar glukosa dalam darah.

Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran dalam bentuk sangat dianjurkan saat sahur. Dua jenis sajian ini mengandung air, dan kaya serat, vitamin, kalsium dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

Beras

Beras mengandung karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Dengan demikian membantu menahan rasa lapar untuk waktu yang lama.

Daging Tanpa Lemak

Menambahkan sedikit daging tanpa lemak ke makanan Anda saat sahur penting. Ini membantu dalam menyediakan protein yang dibutuhkan tubuh. Pemenuhan kebutuhan protein membantu dalam metabolisme tubuh yang tepat.

Sup

Awali makan dengan sup selama sahur atau bahkan untuk berbuka puasa adalah salah satu ide terbaik. Ini tidak hanya membantu dalam menghidrasi tubuh tapi juga untuk mendapatkan kembali energi yang hilang.

Air

Minum segelas air adalah sesuatu yang perlu dilakukan sebelum memulai dengan makanan. Ini membantu dalam memenuhi cairan tubuh dan juga membantu dalam menghilangkan rasa haus.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Hati-hati, Ini Efek Buruk Tidur Setelah Makan Sahur Hati-hati, Ini Efek Buruk Tidur Setelah Makan Sahur
Twitter Luncurkan Emoji Edisi Bulan Ramadhan Twitter Luncurkan Emoji Edisi Bulan Ramadhan
Tips Sehat Saat Berbuka Puasa Tips Sehat Saat Berbuka Puasa

#Jakarta #menu sahur #Ramadhan 1438 H #Ramadhan 2017 #ramadhan #menu berbuka puasa

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar