ISIS 'Nyebrang' ke Indonesia, Wiranto: Jangan Terlalu Khawatir

Menkopolhukam Wiranto menyampaikan paparan pada talk show di Auditorium PTIK, Jakarta, Sabtu (27/5). Dalam talkshow dengan tema 'Merajut Indonesia dalam Bingkai Kebhinekaan' tersebut Wiranto berbicara soal semangat toleransi dan nasionalisme. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama/17

Arah - Menteri Kooedinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto mengatakan pihaknya mendukung sepenuhnya langkah pemerintah Filipina untuk menggempur kelompok ISIS yang ada di Marawi. Hal itu, dikarenakan adanya kekhawatiran masuknya anggota ISIS ke wilayah Indonesia.

"Larinya mereka dalam gempuran itu tentunya di waspadai melarikan diri ke wilayah indonesia. Jadi kita sudah waspadai mereka itu dan jangan terlalu khawatir masalah itu," kata Wiranto usai mengikuti acara buka bersama Partai Nasdem di Kantor DPP Partai Nasdem, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (28/5).

Wiranto meminta kepada masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir terkait anggota ISIS yang mencoba masuk ke wilayah Indonesia. Lantaran, sudah berkoordinasi dengan Panglima TNI Gatot Nurmantyo untuk menjaga ketat wilayah perbatasan.

Menurut Wiranto, diwilayah perbatasan dekat Filipina intensitas patroli yang dilakukan oleh TNI diperbanyak. Hal itu diperlukan untuk selalu mengawasi masuknya anggota ISIS ke wilayah Indonesia.

Baca Juga: Bikin Heboh, Kaesang Nyinyir di Vlog #BapakMintaProyek
Cari Terduga Teroris, Semua Wilayah Bandung Akan Disisir

"Kita juga sudah memiliki komitmen dengan Pemerintah Filipina untuk masalah kerjasama dalam rangka patroli maritim dan memperkuat patroli-patroli di wilayah perbatasan. Itu untuk menjaga jangan sampai ada kelolosan dari daerah Filipina ke Indonesia," tutur Wiranto.

Panglima TNI Gatot Nurmantyo menambahkan, penjagaan itu jelas diperketat baik melalui jalur darat dan laut. Jika pihaknya kedapatan penyusup, maka segera berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

"TNI dengan Kepolisian (kerjasama). TNI melakukan patroli sepanjang mulai Maluku Utara sampai dengan Sulawesi, patroli laut. Kemudian daratnya dengan kepolisian," tandas Gatot. (Muhamad Ridwan)

Video Trending Pilihan Redaksi:



Berita Terkait

Menkopolhukam Lempar Pujian Terhadap Kinerja BNPT Menkopolhukam Lempar Pujian Terhadap Kinerja BNPT
Resmi! Menko Polhukam Bubarkan Ormas Hizbut Tahrir Indonesia Resmi! Menko Polhukam Bubarkan Ormas Hizbut Tahrir Indonesia
Jelang Vonis Ahok, Menko Polhukam: Jangan Ada Intervensi! Jelang Vonis Ahok, Menko Polhukam: Jangan Ada Intervensi!

#Jakarta #Menkopolhukam #Wiranto #ISIS #Terorisme

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar