Jaksa Agung: Banding Bukan untuk Ringankan Pidana Ahok

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Mukartono memberikan keterangan usai sidang kasus penistaan agama di Auditorium Kementan, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (20/4/2017). (arah.com/Ridwan)

Arah - Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan tidak dicabutnya banding atas ke Pengadilan Tinggi atas vonis Majelis Hakim terhadap terpidana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bukanlah untuk meringankan atau membebaskan Ahok.

Langkah yang diambil Kejaksaan Agung, lanjut Prasetyo adalah untuk kepentingan hukum.

“Banding yang diajukan Ahok itu tidak sama dengan JPU (Jaksa Penunut Umum). Kalau jaksa itu yang lain, yaitu kepentingan hukum,” kata Prasetyo di Kejaksaan, Jakarta, Selasa (30/5).

Prasetyo menjelaskan bahwa vonis Majelis Hakim berbeda dengan fakta persidangan. Salah satunya, apa yang disebutkan JPU adalah yang diperbuat Ahok bukanlah menistakan agam melainkan terhadap golongan masyarakat tertentu di Indonesia.

Baca Juga: Pansus-Pemerintah Sepakat Tambah Anggota DPR 15 Orang
JPU Banding, Tim Rizieq: Dia Bekerja untuk Siapa?

“Tapi kemudian dengan adanya dinamika terakhir Ahok mencabut banding, tentunya perlu dievaluasi. Dengan penyelesaian cepat dan tuntas. Berbagai macam permasalahan dan kegaduhan yang ada selama ini yang dikaitkan perkara itu dan penanganan itu (kasus Ahok),” jelasnya.

Hingga saat ini, dikatakan Prasetyo, Kejaksaan masih mengevaluasi dan mempertimbangkan vonis Majelis Hakim.

“Masih ada waktu bagi Jaksa untuk mempertimbangjan lagi mengevaluasi lagi sebelum Pengadilan Tinggi menjatuhkan keputusan,” pungkasnya.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Pengadilan Tinggi Pastikan Sidang Gugatan Ahok Tetap Bejalan Pengadilan Tinggi Pastikan Sidang Gugatan Ahok Tetap Bejalan
Kuasa Hukum Ahok Tolak Jelaskan Soal Berkas Perkara Kliennya Kuasa Hukum Ahok Tolak Jelaskan Soal Berkas Perkara Kliennya
Dor! Ada Suara Tembakan di Mako Brimob Tempat Ahok Ditahan Dor! Ada Suara Tembakan di Mako Brimob Tempat Ahok Ditahan

#Jakarta #HM Prasetyo #jaksa agung #Pengadilan Tinggi DKI Jakarta #Jaksa Penuntut Umum (JPU) #Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) #Ahok divonis 2 tahun #Vonis Pengadilan #ahok di penjara

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar