Perlukah Pemerintah Tambah 15 Kursi DPR?

Paripurna DPR RI, Kamis (27/4/2017). (Foto/Arah.com/Mukied)

Arah -  Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang Undang (RUU) pemilu pastikan akan menambah 15 kursi di DPR karena mengklaim masih banyaknya wilayah yang belum terwakilkan dalam menyerap aspirasi rakyat yang ada di daerah.

"Kita dengan pemerintah sepakat menambah 15 kursi dengan pertimbangan untuk menutupi under representasi atau defisit representasi beberapa provinsi," ujar Ketua Pansus RUU pemilu DPR, Muhammad Lukman Edy di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/6/2017).

Baca Juga: Bukan Airin Rachmi, Bupati Ini Bikin Netizen Klepek-klepek
Temukan iPhone, Pria Ini Malah Temukan Pesan Mengerikan
Ngalahin Bripda Ismi, Polwan Cantik Ini Bikin Geger Orang Amerika

Menurut Lukman Edy, bahwa setidaknya ada 9 wilayah yang menurutnya belum dapat terwakilkan di jajaran kursi DPR RI yakni diantaranya adalah 5 daerah yang ada di Sumatera,  2 daerah di Sulawesi dan satu daerah di Papua.


"Misalnya Kepulauan Riau di Sumatera itu hampir semuanya under representasi. Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung itu 5 yang mengalami under representasi nah kemudian di Sulawesi, ada Sulawesi Baratdan Sulawesi Tenggara, papua juga under representasi," papar Lukman.

Lukman juga menampik bahwa penambahan kursi DPR ini didasari oleh pembagian kursi oleh partai politik, namun mengklaim bahwa benar-benar lebih kepada persoalan keadilan.

"Sehingga kemudian kita menawarkan kepada pemerintah pada waktu itu ini gak bisa ini soal keadilan, ini soal bagi-bagi kursi atau apa, nggak bisa, ini soal keadilan ini bagi daerah yang selama ini under refresentasi," pungkasnya.

Sebelum disetujui akan menambah 15 kursi oleh pemerintah, tim pansus bahkan meminta 19 kursi.

"Kemudian Pansus menawarkan 19 tahun kursi karena 19 kursi ini yang under representasi tapi kemudian berdasarkan perhitungan ulang pemerintah 7 di angka 15 kursi," jelasnya.

Meski begitu,  Lukman menjelaskan bahwa hingga saat ini pihaknya belum mampu menjabarkan terkait bagaimana metode pembagian kursi yanga ada, karena menurutnya 15 kursi yang diberikan masih kurang dari target yang ada. Oleh karenanya ia akan mengupayakan dengan mengurangi kursi yang ada di daerah yang dirasa tidak perlu dan over.

"Kebutuhannya 19 dapatnya 15 sehingga kita akan kemudian cari nanti daerah mana yang tidak perlu ditambah atau formula yang lain daerah-daerah yang terlalu besar over refresentasi nya itu harus dikurangi itu dasar-dasar pemikirannya," tutupnya. (Dini Afrianti)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara
Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya
Ini Langkah MUI Memediasi Perseteruan Megawati dan Habib Rizieq Ini Langkah MUI Memediasi Perseteruan Megawati dan Habib Rizieq

#Jakarta #Anggota DPR RI #Pemilihan Legislatif

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar