Indonesia Ungguli China dan Thailand Dalam Penggunaan Internet

Ilustrasi penggunaan handphone berlebih (Shutterstock)

Arah - Jumlah pengguna internet di Indonesia diperkirakan akan bertambah menjadi 144,2 juta pada tahun 2021 nanti. Pada tahun 2016 lalu tercatat, pengguna internet di Indonesia telah mencapai angka 104,2 juta. Dengan angka tersebut, Indonesia menempatkan diri senagai salah satu pasar online terbesar di dunia.

Kegiatan online populer di Indonesia mencakup mengirim pesan / mobile messaging dan media sosial (medsos). Data yang dilansir dari Statica menyebut Facebook sebagai medsos paling paling populer di Indonesia mencapai 48 persen dari populasi warga yang menggunakan internet.

Fakta lainnya menyebut bahwa Indonesia termasuk pangsa pasar terbesar bagi aplikasi LINE.

Penggunaan internet mobile Indonesia mengalami tingkat pertumbuhan dua digit dan saat ini mencapai hampir 30 persen dari populasi.



Indonesia tercatat sebagai "partly free" atau "sebagian bebas" dalam daftar kebebasan berinternet yang menjadikannya negara yang berada di di depan China, Thailand atau Malaysia dalam pasar online bebas Asia. Namun Indonesia masih tertinggal dibanding Kores Selatan dan Filipina.

Baca Juga: Sungai Meluap, Ribuan Jiwa Gorontalo Terdampak Banjir
Restoran Bayar Rp12 Juta Bagi yang Sanggup Habiskan Menu Ini

Peringkat tersebut disebabkan karena terhalangnya konten politik dan sosial dan beragam pembatasan dan pelaranggan hak pengguna  terutama melalui undang-undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik oleh Pemerintah (UU ITE).

UU ITE memegang kuat hukuman seperti hukuman penjara dan denda tinggi bagi siapa pun yang dihukum karena pencemaran nama baik online. 

Berita Terkait

Ini 5 Teknologi Rumah Pintar yang Bakal Marak Tahun 2016 Ini 5 Teknologi Rumah Pintar yang Bakal Marak Tahun 2016
KPI Siap Pasang Badan Jamin Perlindungan terhadap Jurnalis KPI Siap Pasang Badan Jamin Perlindungan terhadap Jurnalis
Sulit Jangkau Titik Api, Kebakaran Pasar Senen Belum Padam Sulit Jangkau Titik Api, Kebakaran Pasar Senen Belum Padam

#Jakarta #UU ITE #Akses Internet #Internetan #internet #Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (AP

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar