TPPO Kian Marak, Imigrasi Tunda Terbitkan 3825 Paspor Calon TKI

Dirjen Imigrasi Rony Franky Sompie dalam Gelaran Konferensi Pers di Kantor Ditjen Imigrasi, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Minggu (4/6). (Foto: Arah.com/ Harry Muthahhari)

Arah - Maraknya kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), membuat Direktorat Jenderal Imigrasi memutuskan untuk menunda paspor untuk calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Berdasarkan rilis Ditjen Imigrasi, terdapat sebanyak 3.825 paspor yang ditunda yang mendaftar secara non-prosedural.

Calon TKI itu diduga akan menjadi korban TPPO. Direktur Jenderal Imigrasi, Rony Franky Sompie mengatakan, upaya itu telah dilakukan sejak awal tahun 2017.

"Sejak tanggal 1 Januari 2017 sampai 3 Juni 2017, Ditjen Imigrasi telah mengidentitikasi modus operandi para CTKI yang berpotensi menjadi korban TPPO, dengan menggunakan motif umroh, haji khusus, magang, bursa kerja khusus, kunjungan keluarga, dan wisata," kata Sompie di Kantor Ditjen Imigrasi, Jalan H.R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (4/6).

Baca Juga: Bekerja Adalah Prinsip Hidup Orang Beriman
SMRC: Simpatisan Terhadap Rizieq Positif Terhadap ISIS

Saat ini, Ditjen Imigrasi tengah melakukan koordinasi dengan Kementerian dan Lembaga yang terkait. Yakni Kemenkopolhukam, TNI, Polri, Kemenaker, BNP2TKI, Kemenag, Kemenlu, Kemensos dan Kemendagri. "Koordinasi itu untuk merumuskan suatu Perjanjian Kerjasama operasi pencegahan korban TPPO bagi WNI yang akan mencari pekerjaan di luar negeri," jelasnya.

Bagi Sompie, TPPO adalah kejahatan Transnational Organized Crime yang bersifat luar biasa. Menurutnya, dalam penangannya memerlukan cara yang luar biasa (extra ordinary).

"Peran Direktorat Jenderal Imigrasi adalah mengintensifkan pengawasan terhadap WNI yang akan mengajukan permohonan Paspor dan keluar dari wilayah RI melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi," tegasnya. (Harry Muthahhari)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Tak Semua WNI Harus Deposit Rp25 Juta saat Bikin Paspor Tak Semua WNI Harus Deposit Rp25 Juta saat Bikin Paspor
16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki 16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki
Hore! Imigrasi Cabut Aturan Deposit Rp25 Juta Hore! Imigrasi Cabut Aturan Deposit Rp25 Juta

#Jakarta #Dirjen Imigrasi Ronny F. Sompie #Kantor Imigrasi #Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar